Beranda Copywriting Apa Itu Copywriting: Contoh Copywriting & Bagaimana Mempelajarinya

Apa Itu Copywriting: Contoh Copywriting & Bagaimana Mempelajarinya

Apa Itu Copywriting Contoh Copywriting & Bagaimana Mempelajarinya

Yuk kita belajar Copywriting dan mengetahui apa sih Copywriting dan manfaatnya dalam dunia pemasaran. Disini semua diulas dengan bahasa mudah difahami.

Jika anda berkerja sebagai marketer online atau bahkan seorang blogger, besar kemungkinan anda pernah mendengar istilah copywriting atau naskah iklan.

Istilah yang satu ini ada dimana-mana. Copywriting adalah faktor melekat akan keberhasilan penjualan produk.

Meskipun merupakan istilah baku pemasaran, namun masih banyak belum tahu, “apa itu Copywriting?”, “contoh Copywriting”, dan bagaimana “belajar Copywriting”.

Dan diposting ini akan saya bahas semuanya dengan bahasa mudah dimengerti mengenai apa itu copywriting, contoh Copywriting dan bagaimana mempelajarinya. Yuk langsung saja dimulai.

Apa itu Copywriting?

Ada banyak definisi seputar copywriting dari para copywriter yang tersebar di seluruh dunia.

Namun secara garis besar, copywriting merupakan tindakan menulis teks iklan dan materi bersifat promosi—seperti headlines, iklan tv, iklan radio, video, poster, email, brosur juga di website.

Jadi singkatnya Copywriting adalah naskah iklan dari hasil aktivitas penyusunan kata-kata untuk meningkatkan penjualan produk—barang atau jasa—merupakan metode yang digunakan dalam bidang pemasaran.

Dan sipenulis copywriting disebut copywriter—penulis naskah iklan—yang merupakan orang berpengalaman menyusun teks yang membangkitkan ketertarikan calon pembeli terhadap produk tengah dipasarkan.

Copywriting menjadikan “aktivitas promosi” menjadi menarik dan tidak membosankan calon pembeli.

Ruh dari copywriting adalah membuat pembeli potensial tertarik terhadap tampilan kata-kata yang tersusun—singkat, jelas dan mengena—disertai dengan gambar dan juga audio.

Contoh copywriting

Berikut ini adalah beberapa contoh copywriting dari sejumlah produk yang saya nilai deskriptif dan eye-catching juga komprehensif.

Contoh copywriting Mie Sedap

Copy Writing Mie Sedap

Copywriting yang terdapat pada mie sedap bagus, perpaduan warna-warni yang menarik disertai dengan pemilihan kata yang gaul sesuai dengan kalangan muda yang ditarget di sempurnakan dengan kehadiran Raditya Dhika sebagai satu dari sekian icon anak muda.

Disertakan pula kekuatan rasa yang ditawarkan, menjadikan poster copywriting ini terasa komplit meskipun hanya di tampilkan dalam beberapa kalimat saja.

Contoh copywriting Master Card

CopyWriting Master Card

Copywriting Master Card memiliki komposisi amat baik, diatasnya menampilkan logo sebagai penguat brandingnya. Selanjutnya teks iklan bernuansa janji bahwa dengan Master Card apapun dapat terbeli.

Teks tersebut berusaha melahirkan kepercayaan bahwa Master Card dapat diandalkan. Dengan begitu semakin menguatkan branding dirinya.

Belajar copywriting

Untuk belajar copywriting maka saya pilah menjadi beberapa bagian.

1. Pelajari produk yang akan dijual

Dengan memahami produk anda maka merupakan hal amat bermanfaat untuk membantu anda menuliskan naskah iklan.

2. Tulis kalimat menarik dan mendeskripsikan produk

Misalkan anda menjual ebook belajar bahasa Inggris, maka tulis kalimat memberi kepastian bahwa buku anda mudah di ikuti.

Learn English easily…While updating your FB status.

Belajar Bahasa Inggris dengan mudah…Bahkan bisa sambil update status Facebook.

3. Target produk anda—pria atau wanita, tua atau muda—atau semua kalangan?

Memahami target untuk produk anda amat penting sebelum menulis copywriting dengan begitu akan memberikan anda ide mengenai apa yang akan ditulis.

4. Perkaya perbendaharaan kata

Karena copywriting erat hubungannya dengan permainan kata, tentu sang pemain kata harus memiliki bank kata yang kaya raya untuk memilih kata mana yang cocok, ini amat bagus sekali anda bisa menempatkan kata yang cocok dengan tipe pasar yang anda target.

5. Perbanyak mencari rujukan

Anda perlu menonton banyak iklan TV, melihat bilboard dan mendengarkan iklan di radio dan media manapun. Sebagai pengaya imajinasi juga rujukan.

6. Lengkapi dengan desain grafis

A picture tells a thousand words—ini ungkapan benar—karena gambar jauh lebih menarik perhatian dibandingkan sekedar teks. Maka dari itu pastikan teks-teks iklan/copywriting anda di hadirkan dengan desain grafis mumpuni dengan typografi untuk penampilan teksnya.

Contoh CopyWriting Harry

Untuk memperkaya bahasa tentang Copywriting maka saya undang anda untuk membaca juga cara pasti mengasah kemampuan menulis Copywriting.

Jika sudah mengikuti ke 6 rekomendasi untuk belajar CopyWriting diatas dan mengasah kemampuan anda, kini saatnya mempelajari rahasia menulis Copywriting yang pasti menjual yang sudah terbukti amat ampuh “memaksa” calon pembeli untuk beberlanja produk anda tengah tawarkan.

Sebagai bonus, bukan bermaksud menjejali anda dengan banyak informasi, namun tidak ada salahnya juga membaca 12 ide Copywriting walaupun membosankan namun sudah terbukti berhasil membuat produk laris manis kawan.

Kesimpulan

Copywriting merupakan aktivitas menciptakan dialog yang menarik perhatian dan meyakinkan calon pembeli bahwa produk anda pantas dibeli. Sekaligus menguatkan branding anda.

Aktivitas ini membutuhkan permainan kata, agar tidak membosankan. Tidak membosankan juga merupakan tujuan lain dari CopyWriting. Karenanya anda harus mempunyai database kata yang banyak dikepala. Untuk itu sering-seringlah membaca.

Itulah seluruh informasi mengenai apa itu copywriting berserta contoh copywriting dan bagaimana belajar copywriting. Semoga bermanfaat. Sukses selalu buat anda. Silahkan beritahukan keteman-teman anda mengenai informasi ini.

Sampai jumpa diposting-posting saya berikutnya dimasa datang.

Summary
Apa Itu Copywriting: Contoh Copywriting & Bagaimana Mempelajarinya
Article Name
Apa Itu Copywriting: Contoh Copywriting & Bagaimana Mempelajarinya
Description
Mempelajari apa itu Copywriting, belajar Copywriting dan contohnya.
Author
Publisher Name
SEO Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here