Beranda SEO Apa Itu SEO? (Cara Kerja & Tempat Belajar SEO Gratis)

Apa Itu SEO? (Cara Kerja & Tempat Belajar SEO Gratis)

Apa Itu SEO SEO

Apa itu SEO—Disini kita akan membahas mengenai dasar SEO berikut cara kerja dan tempat belajar teknik yang satu ini secara gratis dari sumber-sumber terpecaya.

Apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization / Optimasi Mesin Pencari merupakan kumpulan praktek yang dilakukan semata-mata untuk meningkatkan angka pengunjung berkualitas ke sebuah website / blog dengan cara meningkatkan rangking pada hasil hasil mesin pencarian yang berbasis algoritma.

Hasil riset menunjukkan bahwa website yang berada pada halaman pertama hasil pencarian Google mendapatkan hingga 95% klik.

Dan juga hasil studi menunjukkan bahwa yang berada di posisi lebih tinggi menikmati CTR (Click Throught Rate) lebih tinggi dan lebih banyak trafik.

Apakah SEO

Website yang muncul dari hasil pencarian berdasarkan algoritma (Yakni hasil secara “organik”, “alami” dan “tidak berbayar / gratis”) akan muncul tepat dibawah website yang bayar kepada Google melalui jaringan iklan Pay-Per-Click, seperti pada gambar berikut.

Hasil Pay Per Click.

Hasil Pay Per Click

Hasil Organik.

Hasil Organik

Adapula tipe hasil lainnya yang muncul di Google seperti yang muncul di map, video, graph dan lainnya. Dan SEO juga mengoptimasi hasil pencarian tipe ini.

Apa Itu SEO? Bagaimana Cara Kerjanya & Dimana Tempat Belajar SEO Gratis?

Untuk menjawab semua pertanyaan di atas maka saya sudah siapkan jawabannya di posting ini, kini anda bikin kopi berserta siapkan makanan kecil, kemudian membacanya dengan santai. Oke yuk.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Umumnya mesin pencari besar seperti Google juga Bing kemudian Yahoo! (Yang ini disupport oleh Bing) memberikan rangking pada website yang akan muncul di hasil pencarian mereka berdasarkan relevansi dan otoritas dari website dan halamannya.

Para mesin pencari melakukan crawl dan kemudian menempatkan pada indeks mereka, untuk kemudian di munculkan pada hasil pencarian menurut keyword yang di cari pengguna, guna memberikan hasil terbaik.

Google menggunakan sebanyak 200 sinyal dalam urusan memberi nilai pada sebuah website dan SEO mengarahkan pemilik website untuk melakukan optimasi agar website mereka memenuhi sinyal-sinyal itu.

Namun begitu ada baiknya bagi pemilik website agar tidak hanya fokus pada sinyal rangking itu, namun juga memperhatikan pada tujuan lebih besar yakni menyediakan jawaban terbaik kepada pencari informasi.

Pada titik ini, maka wajar jika kita menyimpulkan bahwa SEO juga merupakan usaha menjadikan sebuah website akomodatif, yaitu dengan menghadirkan kalimat dan kata yang di ketik pengguna Google, selanjutnya pengguna itu terbantu dengan pengalaman yang baik saat berada di website.

Pengalaman yang dimaksud ialah mereka mendapati konten bermanfaat, berkualitas dan memberikan jawaban tepat untuk permasalahan mereka.

Perlu di ketahui bahwa Google memiliki tim rater khusus untuk memberi rating (Jumlahnya amat banyak) guna mengevaluasi kualitas dari hasil pencarian.

Google search quality rater guidelines memberikan begitu banyak hal detil dan contoh bagaimana Google memberikan kelas pada konten dan website apakah mereka  berkelas tinggi atau rendah.

Si Google ini menekankan kepada kita bahwa mereka ingin memberikan hadiah kepada situs-situs yang memang menghadirkan keahlian, otoritas dan daya percaya (EAT).

Google masih menggunakan algoritma berdasarkan hyperlink / backlink (Dulu dikenal sebagai PageRank) untuk mengkalkulasi popularitas dan otoritas sebuah halaman dan website.

Dan kini Google lebih canggih lagi, dan faktor ini masih menjadi sinyal fundamental dalam urusan rangking.

SEO juga mengurusi faktor backlink ini, dengan cara membantu meningkatkan jumlah dan kualitas  “inbound link” ke sebuah website dari website lainnya. Aktvitas ini amat dikenal dengan nama “Link Building“, jika anda melakukan hal ini dengan benar hasilnya selain memberi vote kepada sebuah website, ia juga memasarkan “brand” secara online, melalui konten.

Jika ada sebuah website yang memiliki konten relevan dan berkualitas me-link kepada website anda, maka hal ini merupakan sinyal kuat bagi Google untuk menempatkan website anda di hasil pencariannya pada pencarian yang relevan.

Bagaimana Melakukan SEO?

SEO adalah sebuah usaha yang didalamnya terdapat aktivitas teknis dan kreatif yang sering kali di kategorikan menjadi On-Page / On-Site SEO dan Off-Site SEO.

Kedua terminilogi ini amat berguna untuk mengerti aktivitas optimasi yang harus di lakukan pada website.

Seluruh aktivitas tersebut membutuhkan keahlian, keahlian ini merupakan syarat yang untungnya bisa dipelajari dan diakuasai cukup dengan membaca tips SEO pemula dari kami.

Namun tentu saja itu semua perlu waktu dan tenaga. Anda bisa melewatinya dengan menyewa jasa agensi SEO profesional atau konsultan SEO untuk membantu anda menangani urusan ini.

Onsite SEO

On-Site SEO adalah sejumlah aktivitas dilakukan pada website untuk meningkatkan visibilitas di hasil pencarian organik Google.

Itu artinya dengan mengoptimalkan sebuah website dan kontennya agar relevan dan menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengunjung. Berikut adalah tipe aktivitas dari onsite SEO.

  • Riset Keyword – Menganalisa sejumlah jenis kata-kata dan sebarapa sering digunakan oleh pencari informasi untuk menemukan layanan dan produk mereka butuhkan.
  • Audit Teknis – Dengan memastikan bahwa website dapat dengan mudah di rayapi (Crawl) dan di indeks, dan bebas dari error atau tidak bermasalah untuk “user experience”.
  • Optimasi OnSite – Mengoptimasi struktur website, navigasi internal, dan alinea pada halaman dan relevansi konten untuk memberi prioritas pada area utama dan menarget keyword tertentu.
  • User Experience – Pastikan konten yang anda hadirkan menampilkan bahwa anda seorang yang ahli, memiliki otoritas, dan dapat di percaya, dengan begitu menghadirkan pengalaman terbaik kepada pengunjung anda hasilnya anda dapat menaklukan persaingan.

Daftar diatas hanya menyentuh sejumlah kecil dari aktivitas pada On-Page / On-Site SEO, tujuannya hanya memberikan garis besar saja.

Off-Page / Offsite SEO

Offsite SEO merupakan aktivitas yang dilakukan “diluar” website anda untuk meningkatkan visibilitas hasil pencarian organis.

Area Off-Page SEO ini lebih dikenal sebagai link building, yang artinya sebuah usaha untuk meningkatkan jumlah link berkualitas dan bereputasi dari website lainnya, karena mesin pencari menggunakan area ini untuk memberi skor atau vote kepercayaan kepada sebuah website.

Link dari website dan halaman website dengan relevansi dan popularitas kepada anda akan memberikan nilai bagus untuk rangking, dibandingkan link dari website tidak populer, tidak relevan dan berkualitas buruk. Maka kualitas link adalah merupakan sinyal paling penting untuk SEO Google.

Berikut adalah tipe dari aktivitas OffSite SEO:

  • Konten (‘Marketing’) – Sudah menjadi hal lumrah bahwa website reputasi tinggi akan mentaut / me-link kepada konten berkualitas. Maka ciptakanlah konten dahsyat untuk menarik perhatian. Konten seperti ini biasanya seputar tutorial, sebuah cerita dan infograpis.
  • Digital PR – PR memberikan alasan bagi website lainnya untuk membicarakan hingga me-link / mentaut website lainnya. Biasanya area ini merupakan newsflow internal, menulis untuk publikasi eksternal, riset atau studi, kutipan, dan lainnya.
  • Promosi – Area ini biasanya dengan melakukan komunikasi dengan blogger, jurnalis, webmaster dari sebuah merek, PR dan narasumber untuk memperoleh tautan kepada website.

Ada begitu banyak alasan kenapa sebuah website memberikan link / mentaut kepada website lainnya dan tidak semuanya terdapat pada daftar diatas.

Baca juga cara mengintip backlink blog pesaing.

Namun hal penting yang selalu di ingat ialah agar website yang memberikan link kepada anda memiliki konten relevan dan berkualitas. Jika tidak maka link dari website tersebut tidak akan memberikan pengaruh besar bagi urusan SEO anda.

Satu hal penting lainnya yang perlu anda ketahui bahwa link schemes seperti membeli link, tukar link secara besar-besaran, atau menggunakan direktori berkualitas rendah atau juga membuat artikel bertujuan memanipulasi rangking Google, maka semua itu tindakan melanggar ketentuan Google dan hasilnya website bisa kena hukuman yang tidak anda inginkan.

Pendekatan terbaik dan awet untuk meningkatkan inbound link ke sebuah website ialah dengan mendapatkannya melalui cara alami, membuat website lainnya melink halaman anda dikarenakan mereka mendapati konten dan website anda patut di link karena konten.

Baca juga Bimbingan Lokal SEO.

Sumber / Tempat Untuk Belajar SEO Gratis

Ada begitu banyak sumber bermanfaat di internet yang tersedua untuk kita semua guna membantu kita untuk mempelajari ilmu SEO lebih dalam.

Sebagian dari sumber utama yang saya sangat rekomendasikan meskipun dasar namun bisa meluaskan pandangan kita, sumber-sumber belajar SEO gratis di internet yang saya maksud ialah sebagai berikut:

  1. SEO Starter Guide – dari Google.
  2. Beginners Guide To SEO – dari Moz.
  3. Beginners Guide to Link Building – dari Moz.
  4. Beginners Guide to Content Marketing – dari Moz.

Tambahan untuk pelengkap artikel Apa Itu SEO

Bagi kami, SEO bukanlah urusan menipu. Namun merupakan strategi jangka panjang. Menggunakan tipuan dengan maksud agar “pas” dengan algoritma Google hanya akan berhasil dalam jangka pendek.

Karena misi Google ialah untuk mengorganisir informasi dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat. Google sepenuhnya ingin menampilkan kepada pengguna hasil terbaik untuk keyword yang dicari. Jikalau anda ingin rangking bagus, maka anda harus menjadi yang terbaik.

Anda bisa gunakan jasa SEO kami untuk meningkatkan rangking blog/website anda di Google. Dengan jaminan uang kembali. Silahkan ke jasa SEO.

Harus Menjadi Yang Terbaik!

Harus menjadi yang terbaik itu artinya anda harus fokus pada urusan teknis internal website, menghadirkan pengalaman pengguna terbaik, keamanan website tanpa celah, dan di hiasi dengan konten super kualitas.

Anda harus fokus kepada semua aspek ini untuk optimasi website anda agar mendapatkan hasil sebaik mungkin. Itulah SEO bagi kami SEO Timur dalam artikel Apa itu SEO ini.

Dapatkan tips SEO gratis

Ringkasan
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Nama Brand
Apa Itu SEO
Nama Produk
Cara Memahami SEO dengan benar disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here