Beranda SEO Buat Website Untuk Manusia

Buat Website Untuk Manusia

Buat Website Untuk Manusia, Bukan Hanya Untuk Google

“Buat laman yang utamanya untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.” (—dari Google Webmaster Guidlines1).

Website anda dibaca oleh manusia, bukan cuma oleh Google

Faktor paling penting dan utama yang memberi efek signifikan pada rangking anda di Google ialah tingkat kepuasaan atau kebahagian orang terhadap website anda.

Sebuah situs hebat tanpa SEO akan lebih baik dibandingkan situs buruk meskipun dengan SEO yang hebat.

Seringkali kita membuat sebuah website kemudian mendandaninya dengan segala teknik SEO berserta keywordnya. Namun kita sering lupa bahwa website tersebut untuk dikunjungi manusia.

Manusia adalah subjek dalam perkara ini, bukan hanya mesin pencari.

Kita semua saat belajar SEO dan membaca sejumlah blog SEO mendapat rekomendasi berupa berbagai macam metode untuk memperoleh rangking terbaik. Dan ternyata semua waktu dan usaha kita lakukan tidak akan memberi hasil yang kita harapkan jikalau orang tidak menyukai website kita.

Menjadi bermanfaat

Setiap pengunjung memahami jika sebuah website bermanfaat bagi mereka. Mereka juga memahami tampilan cantik dari website, memiliki desain profesional, semua artikel dtulis dengan baik.

Dan semakin bermanfaat dan rapi sebuah website, semakin orang menikmatinya. Maka jangan melupakan pengunjung blog yang adalah manusia.

Pada hakekatnya setiap perbaikan website yang kita lakukan semata-mata untuk kepuasaan pengunjung, mengutamakan pengunjung akan memberikan efek jelas dan hasil jangka panjang pada rangking blog anda di Google.

Cara memperoleh rangking bagus di Google

Fase yang ditempuh untuk dapatkan trafik bukanlah yang ini:

  • Rangking bagus di Google.
  • Memperoleh Trafik banyak.

Fase diatas berlaku satu dekade lalu. Sekarang tidak berlaku lagi.

Fase masa kini adalah sebagai berikut:

  • Menyenangkan pengunjung.
  • Rangking lebih baik di Google.
  • Puaskan pengunjung yang dikirim Google ke website kita.
  • Rangking lebih bagus lagi di Google.
  • Maka peroleh trafik lebih banyak lagi.

Jika anda gagal memberikan kepuasan kepada pengunjung yang telah di kirimkan Google—karena si Google menganggap website anda bermanfaat dan relevan—maka nantinya Google akan menurunkan rangking website anda dan imbasnya trafik akan ikut turun.

Website memang seharusnya di khususkan untuk manusia.

Jangan terlalu mikirin bagaimana Google menilai website anda

Jangan Terlalu Banyak Mikir
Credit: @Mental Floss2.

Metode Google gunakan dalam menilai website sekarang ini berbeda dengan yang lama, dan kedepannya pasti Google juga akan menggunakan metode baru. Jadi jangan terlalu anda fikirkan soal ini.

Anda tidak perlu mengoptimisasi website anda untuk semua metode ini, atau juga metode masa depan.

Namun satu hal yang pasti, semua metode yang Google gunakan memiliki tujuan yang sama yakni menyediakan hasil kepada pengguna yang dapat membuat mereka puas dengan konten relevan dan bermanfaat.

Sebenarnya, anda bisa saja mengacuhkan metode lain setelah anda memiliki website yang benar yaitu website yang bermanfaat buat pencari informasi.

Saya ulangi yang saya katakan sebelumnya: “Pada hakekatnya setiap perbaikan website yang kita lakukan semata-mata untuk kepuasaan pengunjung, mengutamakan pengunjung akan memberikan efek jelas dan hasil jangka panjang pada rangking blog anda di Google.”

Bagaimana cara mengoptimasi website untuk manusia?

Bagaimana cara mengoptimasi website untuk manusia?
Credit: @BTCom3.

Berikut ini adalah cara yang perlu anda lakukan untuk membuat blog dan website anda menjadi lebih baik untuk pembaca.

  • Update konten anda—kunjungi artikel lama, baca kembali, kemudian lakukan update atau optimasi padanya.
  • Lakukan riset sesuai topik website anda, kemudian berbagilah hasil riset anda.
  • Lakukan desain ulang pada halaman website anda—pastikan website anda secara visual bagus.
  • Organisir website anda untuk membantu pembaca menemukan yang mereka butuhkan—gunakan breadcrumb, kategori dan navigasi lainnya.
  • Sediakan semua tool atau berikan solusi guna membantu pembaca memecahkan masalahnya—buat tutorial dahsyat dan luangkan waktu untuk membuatnya tampak luar biasa.
  • Pastikan website anda cepat di buka—pastikan urusan ini tidak anda acuhkan.
  • Buat sebuah daftar narasumber untuk pembaca anda dan tautkan ke mereka—perlu di ingatkan banyak situs yang lebih baik dibandingkan anda—maka tidak ada salahnya merefer kemereka.

Mungkin anda sering diberitahu mengenai tekni SEO dan marketing untuk website anda—pada faktanya keberhasilan semua itu adalah “orang menikmati dan merasa tertolong oleh website anda” agar dapat rangking bagus di Google.

Blogger dan webmaster yang banyak menghabiskan waktunya untuk pembaca dan sedikit untuk mesin pencari, akan mendapat hasil lebih baik di hasil pencarian Google sekarang ini.

Cara terbaik untuk membuat Google bahagia ialah dengan membahagiakan pengguna

  • Lihat salah satu halaman web kamu dan luangkan waktu untuk mempelajarinya. Baca dengan perspesktif dari pengunjung. Luangkan waktu untuk mengidentifikasi cara agar website itu memuaskan pengunjung. Atau apakah anda telah melihat halaman web lain yang membahas topik sama namun lebih baik daripada anda? Jika begitu, perbaikilah halaman anda.
  • Apakah konten halaman saya jelas? Terformat dengan benar? Apakah tampak dapat dipercaya? Apakah saya akan mempercayai info dari halaman saya jika saya adalah pengunjung?
  • Apakah halaman web anda menawarkan narasumber kepada pembaca? Jikalau anda ingin membuat pengguna betah namun tidak mentaut ke narasumber lain (Melink ke website lain sama topik) maka anda telah meremehkan pembaca anda dan juga membahayakan rangking anda. Jadilah narasumber terhebat buat pembaca, dengan pula merefer ke narasumber lain jika memang dibutuhkan, pengunjung akan menghargai anda dan menambah kepercayaan untuk website anda.
  • Apakah ada informasi kontak? Informasi penulis? Semua hal ini bisa dijadikan komponen untuk meningkatkan tingkat kepercayaan. Website besar biasanya bangga memperkenalkan dirinya atau perusahaan miliknya.
  • Kunjungi website lainnya yang ber-niche sama dengan anda, lihat apa komentar orang terhadap subjek yang ditawarkan si website. Bandingkan dengan website anda.
  • Apakah halaman anda jelas dan mudah untuk dibaca? Apakah tampak bagus? Maka review desain anda, coba untuk meningkatkan penampilannya atau anda juga bisa menyewa seseorang desainer yang mampu untuk itu. Sudah menjadi salah satu syarat utama, website yang dapat dipercaya memiliki tampilan desain profesional.
  • Apakah maksud halaman anda jelas? Apakah jelas pula navigasinya?
  • Tanyakan kepada orang lain untuk mereview website anda dan dengarkan pendapat mereka.

Saat Google mengatakan “Buatlah halaman untuk pembaca, bukan untuk mesin pencari”. Banyak orang menyetujuinya karena memang halaman yang kita publikasikan untuk pembaca.

Baca juga:

Tambahan

Peranan mesin pencari hanyalah salah satu dari sekian media yang merekomendasikan website anda kepada pencari informasi, jikalau pencari informasi menyukainya, maka si mesin pencari akan merekomendasikan lagi website anda ke pencari informasi lainnya untuk pencarian yang relevan. Dan begitu seterusnya dimasa akan datang.

Google adalah pemberi rekomendasi dan disaat yang sama perusahaan mesin pencari miliknya dibangun atas dasar reputasi—sebagai mesin pencari dengan reputasi terbaik—dan reputasi itu ingin mereka pertahankan.

Jadi bayangkan jika Google merekomendasikan halaman anda kepada pengunjung, ternyata si pengunjung tidak menyukainya langsung keluar hanya hitungan detik saja.

Andaikata hal itu terjadi pada anda, anda merekomendasikan seseorang kepada teman anda, ternyata orang tersebut mengecewakan. Tentu anda akan merasa bersalah terhadap teman anda.

Begitupun yang dialami Google, sebagai pemberi rekomendasi, Google melihat kejadian itu merupakan noda yang harus dibersihkan, maksud dibersihkan disini ialah menurunkan rangking website anda, digantikan dengan yang lain.

Tentu saja anda tidak ingin hal itu terjadi, karena itu merupakan kegagalan dari seluruh kampanye anda, oleh karena itulah buat website berserta halaman untuk pembaca bukan hanya untuk mesin pencari.