Beranda Wordpress Cara Membuat Forum Di WordPress

Cara Membuat Forum Di WordPress

Cara Membuat Forum Di WordPress

Cara membuat forum di WordPress. Ingin memiliki sebuah forum? Dengan plugin WordPress anda bisa langsung memiliki forum.

WordPress menyediakan kemampuan untuk penggunanya membuat forum, raksasa CMS ini sendiri memiliki dua software forum yang bisa kita download dan install.

Forum-forum dari WordPress yakni BBPress dan BuddyPress, perbedaan mengenai keduanya akan dibahas disini.

Di artikel ini rekan semua akan mendapat rekomendasi akan keberadaan plugin-plugin berbasis Forum untuk anda membuat sebuah komunitas seperti layaknya KasKus atau Ads-Id.

Membuat forum dengan WordPress amatlah mudah, bahkan lebih mudah dibanding membuat blog WordPress. Anda cukup menginstall sebuah plugin Forum yang anda pilih di daftar yang tersedia.

Memang diantara semua content management service yang ada, WordPress terbukti paling baik dan kaya fitur dimana kita disuguhi begitu banyak jalan untuk wujudkan keinginan secara online. Kita disediakan ribuan theme dan juga variasi plugin untuk keperluan website kita. Maka tidaklah heran jika plugin forum pun juga ada di CMS ini.

Apa itu forum WordPress, kenapa saya membutuhkannya?

Forum merupakan cara tradisional untuk berkomunikasi secara online, dan amat efektif dan berguna bahkan dimasa sekarang. Sebuah forum memungkinkan anda menciptakan sebuah komunitas virtual, terhubung, berdiskusi, berbagi ide, dan juga mendukung partisipan lainnya. Sebagai pemilik sebuah blog Wordpres, pengguna dan pengjung anda bisa terlibat didalam komunitas anda sembari menyediakan kesempatan untuk belajar atau juga berkontribusi.

Bahkan CMS WordPress didukung oleh forum untuk pengguna berdiskusi, bertanya, berbagi ilmu atau bahkan saling membantu. Karena itulah, tidak heran akhirnya Automattic (Perusahaan pemilik WordPress) memutuskan untuk menyediakan pula forum gratis dan membuka kesempatan pengembang pihak ketiga untuk membuat plugin forum di WordPress.

Manfaat memiliki sebuah forum di WordPress:

  • Support: Sebuah forum WordPress menyediakan sebuah platform sederhana untuk support para pengguna dan pelanggan. Karena cara kerja dasar dari forum ialah “bertanya dan menjawab” dalam sebuah papan / board diskusi.
  • Jejaring sosial: Anda bisa membuat jaringan sosial skala besar dengan seluruh pengguna website anda. Forum menyediakan kemampuan bagi pengguna untuk terlibat dalam diskusi berbeda, berbagi ide, menjawab dan bertanya juga bergaul.
  • Juga Memiliki nilai SEO: Forum sering diremehkan karena dianggap kurang mempunyai nilai SEO. Namun jangan salah, karena tingginya angka page view karena aktifnya pengunjung berinteraksi, maka meminimalisir bounce rate sehingga bagus untuk SEO Google.

Silahkan baca juga plugin related post WordPress terbaik.

Itulah sejumlah alasan kenapa anda membutuhkan forum di situs WordPress. Disampingkan kemudahan ia tawarkan dalam membuatnya.

Namun perlu di ingat bahwa membangun dan mengelola sebuah forum dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dari anda agar nantinya menjadi sebuah forum besar selain masalah teknis yang mungkin terjadi dimasa datang.

Baiklah langsung saja kita lihat plugin apa saja yang menawarkan kemampuan membuat forum di WordPress.

Cara membuat forum di WordPress

Untuk membuat forum maka anda membutuhkan plugin, yang bisa anda pilih salah satunya di daftar berikut ini.

Plugin WordPress untuk membuat forum

1. BBPress

BBPress Plugin Forum WordPress

Tidak diragukan bahwa bbPress mungkin plugin forum WordPress terbaik dan yang pertama. Ini merupakan software forum open source yang dibuat dengan pola fikir orang-orang yang membuat CMS WordPress.

Karenanya plugin ini akan menghadirkan kemudahan, kesederhanaan, solusi forum WordPress cepat. Dan memastikan bahwa forum diskusi anda tidak akan lelet, penuh fitur gak penting, dan menyusahkan server.

Kelebihan:

  • bbPress merupakan plugin resmi WordPress karenanya dibangun dengan kode standar yang sama dengan WordPress.
  • Dapat berkerja nyaris tanpa masalah dengan theme dan plugin lainnya sejauh theme dan plugin lain mengikuti aturan standar koding WordPress.
  • Ada sekitar lebih dari 190 plugin untuk bbPress yang bisa anda gunakan.
  • Anda juga bisa mengintegrasinya dengan BuddyPress yang juga merupakan plugin forum milik WordPress yang lain. Anda dapat membuat komunitas bagus, jejaring sosial dan pula kirim pesan secara japri maupun publik menggunakan plugin-plugin ini..

Kekurangan:

  • Plugin ini terlalu sederhana dan minimalis yang mungkin tidak cukup untuk menciptakan sebuah forum elegan. Makanya anda harus meningstall plugin tambahan lainnya untuk membuatnya lebih kaya lagi.

Contoh tampilan forum BBPress silahkan lihat di situs Sering Online.

Download plugin forum bbPress.

2. BuddyPress

BuddyPress Plugin Forum WordPress

BuddyPress memungkinkan kita membangun sebuah jejaring sosial dengan WordPress. Sepert halnya bbPress, BuddyPress juga sebuah plugin resmi milik Wordpess. Ia mengikuti praktik penkodean dan standardisasi sesuai aturan WordPress.

Kelebihan

  • Amat mudah di integrasikan dengan theme WordPress apapun.
  • Terdapat banyak plugin untuk meningkatkan fungsinya.
  • Dapat menciptakan arus aktivitas, profil pengguna, koneksi sosial, grup dan lain sebagainya.
  • Anda bisa memberikan sistem poin untuk meningkatkan gairah pengguna forum anda dengan BuddyPress.

Kekurangan

  • Jika anda berubah fikiran dan ingin mengganti ke software forum lain maka untuk memindahkan situs BuddyPress ke platform lain tergolong perkara yang sulit.
  • Tida terurus dengan benar seperti halnya WordPress dan mencari bantuan bisa perkara yang juga sulit.

Download plugin forum BuddyPress.

3. CM Answers

Download CM Answers Plugin Forum WordPress

CM Answers memungkinkan kita membangun dan mengelola komunitas Tanya Jawab di WordPress. Plugin forum WordPress gratis ini memiliki fitur cukup untuk menciptakan sebuah forum seperti Stack Exchange di website WordPress milik anda.

Contoh tampilan CM Answers
Contoh Tampilan CM Answers
Kelebihan

  • Dapat dengan mudah di integrasikan dikebanyakan theme Wordpess.
  • Anggota forum dapat vote pada pertanyaan dan juga jawabannya.
  • Versi premium dari plugin ini memiliki lebih banyak fitur termasuk kemampuan untuk memilih jawaban terbaik, profil, komentar dan juga bisa login melalui media sosial, dan lain sebagainya.

Kekurangan

  • Forum anda hanya terbatas pada forum Tanya Jawab saja.
  • Kebanyak fitur berguna terdapat di versi premiumnya.
  • Dari sejumlah pengguna yang telah memakainya mengatakan bahwa plugin ini sedikit susah digunakan.

Download plugin forum CM Answers.

4. wpForo Forums

wpForo Forum Plugin Forum WordPress

wpForo adalah plugin forum WordPress yang kaya fitur dan juga moderen. Plugin ini amat cocok untuk komunitas skala besar dan pula kecil dan untuk semua tipe forum diskusi. Plugin ini menawarkan tiga jenis layout berbeda: yakni extended, simplified, dan layout Question and Answer.

Contoh tampilan wpForo

Contoh wpForo Forum

Kelebihan:

  • Plugin ini menawarkan 5 buah add-ons untuk fungsi tambahan. Fitur lebih lanjut menjadikannya plugin komunitas WordPress paling komplit.
  • Memiliki tiga buah layout forum dan opsi desain lanjutan untuk menampilkan anggota forum, profil anggota forum dan banyak lagi.

Kekurangan:

  • Membutuhkan waktu cukup lama untuk mengertinya dan memulainya: tidak ramah bagi pemula. Setelan lanjutan dan oposi tersedia di plugin ini mungkin akan membingungkan pemula.

Download plugin forum wpForo Forum.

Kesimpulan

Semoga artikel cara membuat forum di WordPress ini dapat membantu anda menemukan plugin forum WordPress terbaik. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa membangun sebuah forum membutuhkan kesabaran dan konsistensi selain masalah teknis yang dibutuhkan.

Saya berharap yang terbaik untuk usaha membangun forum anda dan sampai jumpa lagi di posting-posting saya selanjutnya.