Cara Menggunakan FTP Untuk Akses Server

FTP singkatan dari File Transfer Protocol, merupakan sebuah software untuk dapat mengakses server dan melakukan perubahan dengan upload / download files, merubah file, mengganti permission / izin dari file yang terdapat di direktori root / public_html dari server anda.

FTP client merupakan salah satu dari sekian protokol, selain HTTP, email klien, untuk mengakses server sebuah website.

FTP diperlukan untuk melakukan perubahan dan bagaimana sebuah website bekerja, di dalamnya termasuk memperbaiki sebuah website akan error yang terjadi pada server internal.

Dan di artikel ini saya mencoba memberikan langkah-langkah untuk menggunakan FTP untuk mengakses server internal dari website anda.

Cara menggunakan FTP

Langkah 1—Download FTP, FileZilla.

Langkah 2—Kemudian buka FTP, maka seperti ini tampilannya.

Cara Menggunakan FTP
Keterangan:

  • Dibagian 1 adalah Host. Disini merupakan host, yakni nama domain, misalkan nama domain anda adalah namaku.com. Maka masukan namaku.com atau ftp.namaku.com di Host.
  • Di bagian 2 adalah Username. Maka masukan nama Username untuk file manager anda.
  • Di bagian 3 adalah Password. Maka masukan Password / Kata Sandi untuk mengakses ke file manager anda.
  • Di bagian 4 adalah Port. Maka masukan angka 21 pada Port untuk mengakses file manager website anda.
  • Di bagian 5 adalah QuickConnect. Setelah sudah mengisi semua bagian dari 1 hingga 4, maka klik QuickConnect untuk login ke server web anda.

Anda akan login, tunggu prosesnya, setelah login / terhubung dengan server, kemudian menuju public_html, selanjutnya anda bisa melakukan banyak hal seperti edit file tertentu di dalam seluruh direktori dan file di website anda.

Yang bisa dilakukan dengan FTP

  • Prosesnya anda harus download terlebih dahulu kemudian membuka file tersebut menggunakan Notepad atau Wordpad kemudian anda bisa edit, selanjutnya save file tersebut dan upload.Edit File Dari FTP
  • Anda juga bisa edit izin file / file permission dari 644 ->777, atau merubah ke kode izin lainnya dan sebagainya.Cara Merubah Izin File FTP

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan koneksi klien FTP ini untuk melakukan hal-hal yang sudah saya sebutkan diatas, dan kapan saja secara digital tanpa perlu login ke hosting milik anda. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di posting-posting saya berikutnya.

Tinggalkan komentar