Beranda Webhosting Cara Optimasi Website Trafik Tinggi Agar Terus Uptime

Cara Optimasi Website Trafik Tinggi Agar Terus Uptime

48
0
Cara Optimasi Situs Trafik Tinggi Akan Terus Uptime

Cara optimasi website trafik tinggi agar terus uptime, cepat loading dan meningkatkan user experience untuk tingkatkan penjualan dan menurunkan bounce rate.

Setelah menggunakan jasa SEO dan kini website anda dikunjungi ribuan pengunjung setiap harinya secara rutin, maka infrastruktur server anda harus mampu mendukung gelombang trafik sebesar itu.

Trafik tinggi berarti permintaan (request) berulang kali dalam jumlah besar dari pengunjung yang mengharapkan kecepatan waktu loading.

Penundaan loading bisa menyulitkan pengunjung, menurunkan penghasilan dan membahayakan reputasi website anda.

Cara Optimasi Website Trafik Tinggi Agar Terus Uptime

Mengambil langkah pintar untuk perawatan website bertrafik tinggi bisa mempersingkat waktu loading untuk pengunjung dalam jumlah besar dan memastikan performa terbaik bagi website anda.

Sejalan dengan perbaikan dan optimisasi anda lakukan terhadap website anda, maka pertimbangkan pula faktor-faktor penting ini guna menciptakan pengalaman pengguna terbaik.

1. Fahami apa yang pengunjung harapkan

Setiap orang yang terhubung di internet mengharapkan kecepatan dan dalam kondisi sibuk. Baik saat mereka browsing dengan komputer maupun dengan perangkat HP.

Pengunjung yang mendarat ke website anda mengharapkan tampilan konten dengan cepat. Gagal memenuhi harapan ini, maka kerugian besar anda akan dapati.

Menurut situs ConversionXL, sejumlah fakta yang akan di derita website dengan loading lambat adalah sebagai berikut:

  • 57 % orang akan segera membatalkan kunjungan jika halaman situs membutuhkan sekitar tiga detik loading untuk tampil.
  • 47% orang menginginkan waktu loading sekitar dua detik atau kurang.
  • Penundaan satu detik dapat berakibat kehilangan konversi sekitar 7% dan menurunkan angka kepuasan hingga 16%.
  • Situs-situs yang mengalami loading lambat selama waktu trafik tinggi bisa kehilangan hingga tiga perempat pengunjung.
Statistik Kepuasan Pengunjung Website

Bagi situs e-commerece, kondisi ini mengakibatkan kerugian besar berimbas pada penurunan penghasilan dan mengurangi tingkat kepercayaan konsumen dan membahayakan brand anda.

Jikalau anda menjual produk dan layanan namun website anda lelet, hal ini memberi alasan kuat bagi kostumer untuk pergi meninggalkannya, hasilnya anda akan kehilangan kesempatan mendapatkan keuntungan.

Konsekuensi sama juga akan terasa pada website jenis apapun yang mencari penghasilan dari trafiknya. Situs leled loading dan turunnya gairah pengunjung menghasilkan sedikit angka klik pada iklan dan penjualan melalui link afiliasi.

Kredibilitas situs anda akan jatuh jika pengalaman pengguna buruk, dan efek negatif lain yang berpotensi akan terjadi ialah situs anda akan gagal di jaringan sosial.

Kondisi ini juga berimbas pada rangking website di Google, karena akan meningkatkan bounce rate yang bisa menjatuhkan posisi blog di Google.

2. Tinjau kembali jenis hosting anda

Jikalau anda masih menggunakan paket shared hosting, dikarenakan sebagai starter, maka kini saatnya untuk upgrade ke jenis paket yang lebih dapat diandalkan.

Shared hosting memiliki bandwidth terbatas dan rapuh untuk menangani angka trafik tinggi, seringkali pihak hosting akan memberi sangsi ke situs anda jikalau situs anda secara rutin mengkonsumsi sumber daya lebih dari yang sudah dijatah.

Selain itu—di shared hosting terdapat pula situs lain yang berada satu server dengan situs anda—situs lain itu juga bisa memberi imbas negatif pada performa situs anda jikalau mereka sedang kebanjiran trafik.

Paket hosting VPS (Virtual Private Server) atau dedicated menawarkan kehandalan jauh lebih baik pada website bertrafik tinggi.

Pada hosting VPS, sebuah server terbagi kedalam sejumlah server virtual. Setiap server merupakan server independen, dan jumlah situs yang berada di dalamnya jauh lebih sedikit dibandingkan shared hosting.

Sedangkan pada server dedicated, situs anda sepenuhnya memiliki server fisik utuh tanpa dibagi-bagi.

Perbandingan Server Hosting VPS Dan Dedicated

Hosting VPS dan dedicated memberikan anda kebebasan untuk mengkostumisasi lingkungan hosting, namun masalahnya perawatan dan setup bisa memakan waktu.

Berbeda dengan shared hosting anda memakai sebuah server yang sudah siap saji.

Namun jangan khawatir karena di VPS tersedia 2 pilihan yaitu managed dan unmanaged. Jika anda tidak mau mengurusi hal teknis yang cukup rumit maka anda bisa langsung memakai VPS managed yang sudah terinstall control panelnya seperti WebuZo, CPanel dan sebagainya.

Yang pasti hosting terbaik untuk anda ialah yang mampu menangani jumlah visitor tinggi untuk menerima dan menghadirkan kondisi uptime yang superior.

Periksa setiap paket yang ditawarkan, apakah besaran RAM dan bandwidth sesuai kebutuhan, dan periksa kecepatan rata-rata loading page untuk menentukan apakah cepat atau tidak.

3. Merampingkan desain situs

Agar tampilan website sesuai, maka setiap elemen dalam halamannya membutuhkan permintaan HTTP (HTTP Request) antara browser pengguna dan server hosting.

Oleh karena itu, halaman-halaman yang memiliki script banyak atau media kemungkinan besar membutuhkan waktu load lebih lama.

Cara terbaik untuk mengatasi persoalan ini ialah merampingkan desain atau menyederhanakan desain. Namun tentu akan menjadi masalah jika website anda kaya gambar, video dan konten dinamis lainnya. Untuk itu anda memerlukan sejumlah langkah tambahan untuk memastikan performa terbaik loading:

  • Bersihkan script dengan menghilangkan karakter tidak perlu (Minifikasi).
  • Gunakan sebuah image optimizer ketika upload media.
  • Atur dimensi gambar untuk ditampilkan (Gunakan srcset).
  • Kombinasikan semua CSS kedalam satu file.
  • Upload gambar dengan ukuran yang ada tanpa perlu melakukan perubahan ukuran—tidak perlu resize gambar.
  • Gunakan “lazy loading” untuk unggah media berdasarkan urutan bukan unggah seluruhnya.
  • Kurangi penggunaan plugin atau gunakan plugin ukuran rendah untuk platform WordPress anda.
  • Hindari penggunakan redirect / pengalihan sebisa mungkin.
  • Temukan dan perbaiki link rusak atau mati (Error 404 Not Found).

Saat melakukan optimisasi desain, perhatikan pula kebutuhan pengguna yang menggunakan perangkat mobile—HP dan tablet—karena kecepatan halaman juga penting bagi perangkat jenis ini, karena sekarang pengguna internet memakai Android, iOS dan lainnya.

Dan seperti kita—mereka bukan orang yang sabar menunggu load situs yang berat—mereka bisa pergi begitu saja untuk mencari yang mereka butuhkan.

4. Gunakan Content Delivery

Menggunakan sebuah jaringan pengirim konten atau Content Delivery Network (CDN) merupakan strategi bagus untuk situs bertrafik tinggi.

Sebuah CDN merupakan koleksi server yang tersebar diseluruh dunia dan digunakan untuk mengoptimalkan pengiriman konten kepada visitor lokal.

Secara umum, konten situs tersimpan pada sebuah server utama di sebuah lokasi, memang ada sejumlah hosting yang menawarkan sejumlah lokasi berbeda tergantung domisili anda.

Hal ini membatasi kecepatan penyebaran konten pada area yang jauh dari server. Semakin jauh lokasi pengunjung dari server, semakin lama pula sebuah situs terunggah karena latency (Waktu transfer data dari server ke browser pengguna) tinggi.

Dan jika anda menggunakan sebuah CDN maka ia akan menyimpan file-file statis melintasi sejumlah server dan mengirimkan file-file itu ke lokasi terdekat dari pengguna untuk mempersingkat waktu.

Perbandingan Server Asli Dan Server CDN

Memilih layanan CDN yang tepat merupakan ide brilian jikalau situs anda berisi konten atau media yang memiliki frekuensi view tinggi / dilihat yang tinggi.

Kegunaan CDN untuk konten statis yang tidak berubah, karenanya bisa “dicached” dan tidak usang. Hal ini bisa menurunkan angka latency dan mempercepat waktu unggah halaman sehingga menghadirkan konten kepada pengguna secepat mungkin.

Pilih sebuah CDN dengan server yang berada di area tempat mayoritas penggunjung anda berada. Anda bisa mengetahui lokasi pengunjung dari laporan analytic.

Atau apabila pengunjung anda berasal dari berbagai belahan dunia, maka untuk anda adalah CDN Global yang bisa melayani pengunjung diarea terdekat di manapun mereka berada.

5. Zip file

Kompresi file merupakan cara yang bagus untuk memangkas waktu pengiriman konten. Umumnya situs bertrafik tinggi menggunakan kompresi GZIP / GZIP compression untuk merampingkan ukuran file selama masa transfer data.

Cara kerja Gzip dengan mencari sting duplikat yang ada pada sebuah file kemudian menggantinya string kedua dengan sebuah penunjuk pada string awal. Kemudian browser pengguna melakukan unzip file dan menampilkannya pada halaman.

Menggunakan metode dapat menimalisir ukuran file hingga 70 persen, menghasilkan peningkatan siginifikan pada kecepatan loading. Silahkan meluncur ke cara aktifkan kompresi Gzip di server Apache dan Nginx.

Sejumlah penyedia hosting biasanya mengaktifkan Gzip sebagai bagian dalam paket hosting mereka tawarkan bagi pengguna dengan trafik tinggi, namun begitu anda juga bisa melakukannya secara manual.

Tool lain yang tersedia untuk mengurangi besar ukuran file-file Javascipt dan CSS, adalah sebagai berikut:

Semua tool diatas bertugas menghapus karakter tidak perlu dan space mubazir antara kode dan mengkompres file-file script untuk mempercepat pengiriman konten.

Jikalau situs memiliki begitu banyak script custom, maka melakukan minify pada kode dapat amat sangat membantu meningkatkan kecepatan loading.

6. Gunakan caching untuk performa lebih baik

Setiap kali pengunjung datang ke website anda, maka browser mereka menyimpan sejumlah komponen pada halaman web anda, termasuk konten dan script.

Sebagian besar konten ini tetap statis dan tidak perlu di minta / request berulang kali setiap tampil. Melakukan caching pada konten tipe ini mengurangi jumlah permintaan antara browser dan server.

Menggunakan sebuah CDN merupakan sebuah cara untuk meningkatkan cache pada file statis anda, namun begitu ada metode yang bisa pula anda lakukan.

Bagi pengguna WordPress, ada plugin seperti W3 Total Cache dan WP Super Cache yang mengkombinasikan sejumlah teknik berbeda dalam mengoptimalkan loading konten.

Namun begitu anda juga dapat melakukan leverage browser caching dengan melakukan update pada expires header pada file. Tergantung pada interval waktu sekarang untuk mendefinisikan setiap tipe file status, hal ini berpotensi turun untuk meningkatkan efisiensi dalam proses caching.

Bagi konten yang jarang di update, maka anda bisa memasang waktu interval lebih lama pada expires header agar halaman tersebut dapat di refreseh ketika di butuhkan saja.

Berikut ini adalah contoh setelan header expire pada file .htaccess.

## EXPIRES CACHING ##
<IfModule mod_expires.c>
ExpiresActive On
ExpiresByType image/jpg "access 1 year"
ExpiresByType image/jpeg "access 1 year"
ExpiresByType image/gif "access 1 year"
ExpiresByType image/png "access 1 year"
ExpiresByType text/css "access 1 month"
ExpiresByType text/html "access 1 month"
ExpiresByType application/pdf "access 1 month"
ExpiresByType text/x-javascript "access 1 month"
ExpiresByType application/x-shockwave-flash "access 1 month"
ExpiresByType image/x-icon "access 1 year"
ExpiresDefault "access 1 month"
</IfModule>
## EXPIRES CACHING ##

Sama halnya pada pengguna Nginx, berikut ini adalah contoh cepat dari konfigurasi yang dapat anda gunakan untuk mendefinisikan expire header untuk sejumlah file untuk di caching.

server {
listen 80;
server_name example.com;

location / {
root /var/www/example;
index index.html index.htm;
}

location ~* \.(jpg|jpeg|gif|png)$ {
expires 365d;
}

location ~* \.(pdf|css|html|js|swf)$ {
expires 30d;
}
}

7. Tingkatkan keamanan situs anda

Serangan jahat dapat datang kapan saja tanpa peringatan. Contohnya serangan DDoS (Distributed Denial-of-Service), mampu menyerang dengan jahat dan biasanya serangan ini memanfaatkan situs dengan gelombang permintaan view tinggi guna membuatnya lambat.

Contoh serangan DDoS ialah membebani situs anda dengan permintaan dari sejumlah alamat IP dengan muatan tinggi.

Serangan DDoS

Motif serangan mudah terbaca, namun hasilnya bisa amat menghancurkan, terutama bagi situs online bisnis.

Tambahan, serangang cross-site-scripting (Serangan XSS) dapat memasukan script jahat kedalam situs anda memungkinkan sipenyerang mengakses informasi yang tersimpan didalam browser pengguna. Semua script bisa saja tersimpan dalam sebuah server, dipantulan kembali dalam data seperti hasil pencarian atau yang tersimpan dalam browser guna merubah cara menangani permintaan.

Semua serangan XSS adalah buruk dan memiliki potensi besar menghancurkan kredibilitas situs anda.

Cegah serangan dan amankan situs anda dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Install software dapat dipercaya, seperti a web application firewall seperti Sucuri.
  • Lakukan update software dan plugin secara rutin untuk mendapatkan fitur keamanan terbaru.
  • Rubah setelan default CMS untuk mengurangi resiko serangan otomatis.
  • Pilih eksetensi dan plugin dengan instalasi terbaru dan sering di update oleh pengembangnya.
  • Gunakan password yang unik dan sulit di tebak untuk setiap layanan atau juga gateway.
  • Rubah password secara berkala.
  • Simpan backup berisi file-file lama di area yang terpisah dari server utama.
  • Optimalkan file-file konfigurasi.
  • Lindungi area dimana data situs sensitif tersimpan.
  • Pilih opsi gateway pembayaran yang aman.
  • Dapatkan sertifikat keamanan terbaru.
  • Gunakan HTTP security headers (Sisir keamanan website anda dengan menggunakan securityheaders.io).

Penyedia hosting managed biasanya mengurusi aplikasi yang ada dan update keamanan, namun tetap anda harus melakukan pengecekan untuk memastikannya.

Backup secara rutin harus menjadi bagian dari usaha mengamankan website anda untuk menjaga konten apabila terjadi serangan.

8. Kini saatnya menganalisa

Mengoptimalkan website bertrafik tinggi bukan tugas sekali waktu saja. Namun proses yang berkelanjutan membutuhkan tes dan optimasi untuk memonitor trafik dan mempertahankan performa situ.

Perubahan kelas trafik setiap saat, terutama jikalau anda terus menerus menambah konten dan menarik visitor lebih banyak lagi.

Situs anda harus dioptimalkan untuk menangani perubahan-perubahan ini, dan cara yang teruji berhasil ialah mengelolanya dengan sabar, fokus, inovatif dan rajin dengan terus menganalisa melalui laporan analitik dan kecepatan situs anda.

Menganalisa kecepatan situs amatlah mudah, karena anda dapat melacaknya, menggunakan layanan-layanan berikut ini:

Semua situs diatas memberikan perkiraan bukan hanya kecepatan loading namun juga disertakan laporan ukuran halaman, komponen yang ada berserta hal yang berpotensi membuat situs anda menjadi lelet.

Selain juga ada pemberitahuan masalah mana yang menjadi prioritas utama. Test Google Speed termasuk saran untuk perubahan guna memperakaya daya guna situs anda.

Anda juga saya sarankan untuk menggunakan Google Analytics, karena layanan yang satu ini memberikan tinjauan pada halaman-halaman yang memiliki rating pantual rasio (Bounce Rate) tinggi atau juga rating keluar halaman yang tinggi setelah kunjungan dalam waktu singkat.

Lakukan analisa pada area yang sering membuat pengunjung anda lekas pergi dan keluar, dan catat setiap masalah yang berhubungan dengan keamanan dan kecepatan. Buatlah perubahan untuk memfasilitasi performa lebih baik, dan lakukan pengecekan kembali secara rutin untuk melihat jika yang anda telah lakukan ternyata berhasil.

Tambahan

Apapun CMS—entah WordPress, Joomla, Drigg atau apapun—yang anda gunakan, maka pastikan anda melakukan optimisasi database secara berkala. Karena database bisa di penuhi dengan file seperti revisi, konten spam, komentar, template dan plugin. Membersihkan fungsi database dengan menyingkirkan data tidak penting merupakan keharusan.

Setiap perubahn sekecil apapun yang anda lakukan untuk mengoptimalkan website bertrafik tinggi milik anda agar selalu uptime akan menghadirkan pengalaman pengguna terbaik dan meminimalisir kondisi ditinggalkan pengunjung. Hal itu akan meningkatkan page view dan juga seluruh layanan anda tawarkan.

Maka terus monitor website anda dan lakukan perubahan yang dianggap perlu untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan pengunjung.

Terima kasih sudah membaca seluruh posting cara optimasi website trafik tinggi agar terus uptime dan sampai jumpa lagi di posting lainnya lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here