Beranda Webhosting Aktifkan If Modified Since Untuk Mempercepat Loading Website & Hemat Bandwidth

Aktifkan If Modified Since Untuk Mempercepat Loading Website & Hemat Bandwidth

Cara Aktifkan If Modified Since

Untuk website apapun, terutama WordPress, sebaiknya mengaktifkan fitur If Modified Since pada HTTP Header, agar mempersingkat waktu loading website dan juga menghemat bandwidth.

Dan mengaktifkan If Modified Since HTTP Header merupakan teknik amat direkomendasikan untuk urusan mempercepat loading website dan menghemat bandwidth agar pemakaiannya jauh lebih efisien dan tentunya tidak akan mubazir.

Apakah If Modified Since?

Sederhananya merupakan pemberitahuan kepada browser pengunjung dan juga Googlebot mengenai ada / tidak adanya perubahan pada halaman sebuah website.

Manfaat dari hasil kerja If Modified Since

1. Mempercepat loading website.
2. Menghemat bandwidth.

If Modified Since untuk mempercepat loading website

Setiap browser pengunjung menyimpan salinan cache dari website kita, apabila si pengunjung ingin mengunjungi halaman yang sama dikemudian hari, si browser tidak perlu melakukan download baru halaman website kita, cukup dengan salinan cache yang ada.

Nah keberadaan If Modified Since ini akan memberitahukan browser pengunjung yang ingin mengakses sebuah halaman website kita, pemberitahuannya berupa halaman yang dituju ada atau tidak ada perubahan / update, jika tidak ada perubahan pemberitahuannya berupa kode 304 Not Modified maka browser tersebut tidak perlu mendownload ulang, tetapi bisa menggunakan salinan konten halaman yang ada di cached copy si browser.

Hal ini bisa menghemat waktu loading dan mempercepat loading website anda.

If Modified Since utuk menghemat bandwidth

GoogleBot Tidak Rayapi File Tidak Ada Perubahan

Setiap harinya Googlebot melakukan perayapan pada milyaran halaman website, website milik kita salah satunya, dan setiap kali Googlebot melakukan perayapan maka proses ini mengkonsumsi bandwidth kita.

Karena Googlebot sama halnya dengan pengunjung manusia, dimana ia mendownload konten dan proses download itu merupakan aktivits transfer data dari server kita ke Google yang memakan bandwidth.

Nah jikalau di website kita tidak ada update atau perubahan, maka akan tertulis keterangan 304 Not Modified yang dapat dibaca oleh Google, sehingga GoogleBot tidak perlu melakukan perayapan kehalaman yang tidak ada perubahan, namun hanya merayap kehalaman-halaman yang memang ada perubahan yang kita harapkan terupdate oleh Google.

Dengan begitu bandwidth kita tidak terbuang percuma. Begitupun browser pengunjung tidak akan mengkonsumsi bandwidth kita secara sia-sia dengan mendownload ulang halaman-halaman yang tidak ada update.

Cara aktifkan If Modified Since

Nah setelah kita semua sadar pentingnya keberadaan fitur If Modified Since ini maka saatnya mengaktifkannya. Disini akan saya jelaskan sebuah langkah amat mudah untuk itu bisa anda ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Anda cukup install plugin W3 Total Cache.
  2. Aktifkan.

Beres sudah.

Cara cek apakah website saya memiliki If Modified Since HTTP Header

Kini If Modified Since telah aktif di HTTP Header website anda, untuk mengeceknya anda bisa langsung bukan halaman website ini:

https://www.hscripts.com/tools/if-modified-since/index.php.

Dan masukan nama atau alamat domain blog anda dan klik tombol berikut bertuliskan If Header Modified. Hasilnya akan seperti ini.

Cara Mudah Cek If Modified Since HTTP Header

Blog ini mengaktifkan If Modified Since dan membantu browser pengunjung dan juga GoogleBot untuk melakukan download hanya pada halaman yang memang telah di update dan bukan halaman yang tidak ada perubahan atau update.

Untuk belajar agar lebih mempercepat loading website dan menghemat bandwidth silahkan ke sejumlah panduan berikut ini:

Kesimpulan

Memahami cara kerja If Modified Since HTTP Header membantu kita lebih mengerti mengenai ukuran efisiensi yang dibutuhkan untuk membuat halaman website terunduh lebih cepat.

Dan memiliki kemampuan untuk menggunakan salinan cache dari sumberdaya akan mempersingkat waktu bagi pengguna dan membuat proses perayapan halaman-halaman web lebih efisien untuk mesin pencari yakni GoogleBot.