Beranda SEO Kenapa Backlink Dari Domain Edu Dan Gov Lebih Berkualitas?

Kenapa Backlink Dari Domain Edu Dan Gov Lebih Berkualitas?

Kenapa Baclink Dari Domain Edu Dan Gov Lebih Berkualitas?

Mungkin anda pernah bertanya kenapa banyak ahli SEO memberi perhatian khusus terhadap domain dengan ekstensi .gov dan .edu, mereka beranggapan nilai backlink dari ekstensi ini lebih besar. Benarkah begitu?

Saya di masa awal-awal ngeblog juga mendapat doktrin yang sama, bahwa kedua domain ini merupakan prioritas utama dalam kampanye backlink saya. Dan memang ada benarnya jikalau dikatakan backlink dari .gov dan .edu lebih berkualitas.

Jadi, kenapa backlink Edu dan Gov bisa berkualitas tinggi? Karena untuk mendapatkan domain berkestensi .edu dan .gov tidak mudah.

Anda tidak bisa begitu saja membeli domain .edu maupun .gov di domain registrar. Anda harus mewakili institusi pendidikan seperti Universitas dan Akademi jika ingin membeli domain .edu.

Begitupun untuk membeli domain ekstensi .gov anda harus mewakili sebuah instansi pemerintahan seperti departemen.

Karena yang dapat membeli jenis domain ini hanyalah institusi pemerintahan dan pendidikan, itu berarti pembelinya memiliki identitas jelas.

Karena branding kuat

Dan lagi baik domain .gov maupun .edu sudah pasti untuk website departemen milik pemerintah atau universitas (Sekolah).

Semisal domain .gov untuk departemen sosial, kantornya jelas, gedungnya ada, dan usahanya terdaftar, reputasi bagus dan berkualitas.

Begitupun domain .edu dari kampus sekelas UI, yang sudah memiliki reputasi amat baik.

Dan Google amat cinta dengan branding—identitas dan reputasi—dan mesin pencari ini menekankan agar setiap website dan bisnis online menguatkan brand mereka.

Oleh karenanya kuatkan brand anda dengan social bookmark ini.

Karena hal itulah maka domain .edu dan .gov secara lahiriah sudah mendapat bobot nilai lebih tinggi dibandingkan domain ekstensi lainnya seperti .com, .org, .net, .info dan lain sebagainya.

Jadi bisa dibayangkan jikalau link blog anda di pasang di halaman artikel maupun sidebar blog Universitas sekelas Harvard, tentu Google akan memandang tinggi blog anda.

Begitupun jika link blog anda di taut oleh departemen pemerintahan, Google akan langsung menyimpulkan pastilah blog anda memiliki konten berkualitas tinggi, lagi-lagi si Google akan menaruh rasa hormat lebih.

Itulah penyebab utama kenapa domain .edu dan .gov berkualitas lebih tinggi dibandingkan domain dengan ekstensi lainnya.

Baca juga cara mengintip backlink blog pesaing.

Namun ingat

Bukan berarti domain yang lain tidak bisa melampaui domain .edu dan .gov. Tentu bisa. Misalkan anda mendapatkan tautan dari situs sekelas .Moz, di saat sama anda mendapatkan tautan dari situs berekstensi .edu dengan usia domain baru dan kontennya tidak berkualitas juga tidak relevan dengan bog anda. Belum lagi jika si pemilik website edu/gov memberikan rel nofollow pada link anda.

Maka tentu saja, baclink dari gov/edu tidak bermanfaat. Karena Google tidak menghitung backlink nofollow. Alhasil tidak membantu meningkatkan rangking blog anda dihasil pencariannya.

Kesimpulan

Jadi kita sudah faham, apapun domainnya jika ia di urus dan di suapi dengan konten dan backlink berkualitas maka nilai juice backlink darinya lebih tinggi.

Namun untuk starter, jika semua domain berada di baris start, maka domain .edu dan .gov ditempatkan di bagian depan atau tempat istimewa. Selanjutnya, ketika sama-sama berlari, pertanyaannya adalah apakah .edu dan .gov mampu mempertahankan posisinya? Atau malah tersalip dengan ekstensi domain yang lain?

Jadi intinya, semua itu tergantung si pengurus domain. Jika mampu maka semakin bersinar, jika tidak maka redup meskipun domain ia kelola adalah .edu atau .gov.

Itulah sedikit uraian kenapa backlink dari domain Edu dan Gov berkualitas tinggi dan semoga memberikan manfaat kepada kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here