Beranda SEO Bimbingan Lokal SEO Untuk Kuasai Pencarian Berbasis Lokasi

Bimbingan Lokal SEO Untuk Kuasai Pencarian Berbasis Lokasi

Lokal SEO Bimbingan Komplit

Lokal SEO adalah usaha untuk mengoptimasi website / tempat usaha / branding agar berada di hasil terbaik pada pencaharian berdasarkan lokasi.

Artinya, pencarian pada lokal SEO lebih dipersempit hanya untuk hasil berdasarkan lokasi yang sesuai dengan keyword / informasi yang dicari oleh sipencari informasi.

Misalkan, seorang penikmat seafood ingin mencicipi seafood daerah Jakarta Pusat, maka hasil yang dia dapatkan ketika mencari via Google dengan Lokal SEO ialah seperti ini:
Hasil Lokal SEO Google
Hasil yang tampak hanyalah semua restaurant seofood yang memang berada di daerah Jakarta Pusat sebagai rekomendasi. Pihak Google manampilkannya berdasarkan hasil dari Google Maps, dimana semua restaurant tadi terdeteksi.

Lokal SEO amat menguntungkan bagi usaha apapun, baik itu restauran, perusahaan dan bidang usaha lainnya yang memang mengkhususkan klien berdasarkan daerah / region tertentu.

Google membantu pemilik usaha itu agar mudah ditemukan oleh pencari informasi. Hasilnya pemilik restaurant seafood tadi mendapat satu tamu (yang kelak bisa jadi pelanggan) lagi melalui Google untuk menyantap sajiannya.

Lalu apa bedanya antara Lokal SEO dan SEO biasa?

Bedanya hanya pada target lokasi saja, pada prinsipnya sama saja—yakni sama-sama merupakan usaha agar posisi usaha / website muncul dihasil pencaharian.

Pada dasarnya tipe teknik SEO terbaik menjadi 3 yakni:

SEO Umum yakni ingin mendapat pengunjung darimana saja tempatnya tidak perduli darimana mereka berasal/berada.

SEO internasional tidak jauh berbeda dengan umum, yakni sama-sama memburu keyword dan pengunjung dari berbagai negara dan bahasa.

Lokal SEO yakni menarget pengunjung untuk mengetahui lokasinya untuk dikunjungi atau dihubungi, perusahaan dan pemilik usaha menggunakan SEO jenis ini.

Nah jika kebetulan anda memiliki sebuah usaha entah itu dibidang kuliner, travel, jasa atau apa saja dan ingin mudah ditemukan oleh pencari informasi yang berada disekitar tempat usaha anda. Maka mulailah mengurusi bidang lokal SEO ini.

Tips Lokal SEO

Langkah 1—Tempat usaha anda harus terdaftar pada Google Binisku / Google MyBusiness Lokal SEO

Google Bisnisku atau GB merupakan pangkal utama keberhasilan kampanye lokal SEO. Jikalau anda tidak mendaftarkan situs anda di GB maka anda rugi besar.

Jika nama usaha anda sudah muncul di GB, namun anda belum mengklaimmya, maka segera lakukan klaim. Atau jika belum muncul, maka segera daftarkan dan lakukan verifikasi.

Cara daftar Google Bisnisku Lokal SEO

  1. Kunjungi situs Google Bisnisku.
  2. Klik tombol Start Now dikanan atas.
  3. Kemudian lihat disamping kiri, anda pilih Info kemudian isikan informasi tentang usaha anda.
  4. Lalu pilih Website, masukan nama Website anda jika punya.
  5. Lalu Photos.
    Daftar Google Bisnisku

Ingat! Semua informasi harus benar, jangan salah, baik penulisan, nama, alamat, nomor telepon, nama website, foto dan semuanya harus benar.

Setelah semua informasi terisi dan anda sudah yakin benar. Maka tinggal klik Verifikasi agar Google mengirimkan kartu pos untuk membuktikan bahwa usaha dan alamat yang dimaksud memang miik anda.

Jikalau nama bisnis anda sudah muncul di Google, namun belum pernah anda melakukan klaim, maka lakukan langkah seperti ini:

Cari klaim nama bisnis anda di Google pencarian Lokal SEO

Jika sudah muncul, maka klik Pemilik Bisnis Ini.

Kemudian isi informasi yang dibutuhkan sesuai permintaan dari Google.

Setelah itu anda diminta untuk melakukan verifikasi bahwa anda memang pemilik bisnis ini, bisa lewat telepon atau juga kartu pos.

Klaim Bisnis Di Google Bisnisku

Selesai sudah karena anda sudah berhasil mendaftarkan atau juga mengklaim bisnis anda di Google Bisnisku atau Google MyBussiness.

Keberadaan situs dan nama usaha anda di Google Bisnisku meyakinkan Google bahwa website anda memang berada di lokasi yang anda target untuk mendapatkan pengunjung atau pelanggan.

Dalam poin ini anda sudah melakukan hal sangat penting untuk keberhasilan kampanye Lokal SEO anda. Anda tidak akan menyesal karena melakukan ini.

Kita langsung menuju langkah selanjutnya yakni melakukan riset keyword.

Langkah 2—Riset keyword atau kata kunci

Keyword atau kata kunci merupakan kata / kalimat yang diketik oleh pencari informasi untuk mendapatkan informasi mereka inginkan. Misalkan website anda merupakan toko jual baju Muslim yang berada di daerah Cikini, Kel: Menteng, Jakarta Pusat maka pastikan anda mengetahui keyword yang paling banyak digunakan pencari informasi di Google untuk itu.

Dan pastikan anda menggunakan keyword spesifik yakni disertai dengan nama lokasi, anda bisa mengkombinasikan nama lokasi baik itu Menteng, Jakarta Pusat, Cikini dan seterusnya yang berada atau disekitar lokasi toko anda.

Contoh kombinasi keyword berdasarkan lokasi:

  • Baju Muslimah di Cikini.
  • Baju Muslim di Menteng.
  • Busana Muslim di Cikini.
  • Toko busana Muslim Jakarta Pusat.

Untuk mendapatkan ide mengenai keyword apa yang biasa diketik pencari informasi seputar busana Muslim, maka saya sarankan gunakan Google KeyWord Planner, dimana ini sebuah tool resmi Google Ads guna membantu para pengiklan untuk mendapatkan ide kata kunci untuk mengoptimalkan iklan mereka.

Untuk menggunakan tool ini anda tidak perlu beriklan di Google, cukup mendaftar di Google Ads kemudian cari tool Google Keyword Planner dan mulai bermain ide untuk menemukan keyword untuk website dan tempat usaha anda.

Langkah-langkahnya:

  1. Buka situs Google Ads, daftar dan login.
  2. Masukan alamat email dan nama domain website anda. Lanjut.
  3. Atur lokasi. Lanjut.
  4. Pilih Google Planner.Google KeyWord Planner
  5. Ketik keyword.Google KeyWord Planner Busana Muslim
  6. Selesai.

Langkah 3—Optimasikan keyword Lokal SEO

Setelah kita tahu mengenai keyword mana saja yang laris digunakan pencari informasi, kini saatnya mengoptimalkan website anda untuk keyword yang digunakan pencari informasi tadi untuk kampanye lokal SEO anda. Dan caranya sama dengan tips SEO pada umumnya.

Anda menulis artikel atau deskripsi produk anda sesuai dengan keyword tadi. Tulis artikel SEO yang berkualitas.

Kemudian bangun backlink untuk memompa posisi website anda di hasil pencarian. Dengan mengintip backlink blog pesaing anda.

Bangun profil di sosial media seperti di Google Plus, Facebook dengan membuat halaman website dan usaha anda, di Twitter dan media lainnya. Lihat social bookmark untuk membangun branding anda.

Langkah 4—Gunakan schema markup Lokal SEO

Manfaat fitur yang satu ini untuk memberi informasi detil mengenai lokasi bisnis anda, berserta jam buka/tutup pula nomor telepon, dan lainnya.

Jika anda menggunakan CMS WordPress untuk website milik anda, maka anda bisa gunakan plugin WordPress bernama All In One Schema Rich Snippets.

Kemudian menuju Settings, dan pilih Services.

Anda isi informasi yang diperlukan di bagian ini:Isi Informasi Produk Website Di Schema

Langkah 5—Daftarkan situs anda ke Google Search Console (GSC) Lokal SEO

Situs ini akan membantu anda mengoptimalkan website dengan berbagai informasi mengenai proses indeks, keyword yang digunakan pengunjung mencapai situs anda, kestabilan website, dan pula rekomendasi bagaimana membangun website agar lebih Google friendly.

Langkah-langkahnya:

Buka Google Search Console.

Daftarkan Website anda, lakukan verifikasi.

Daftarkan semua variasi domainnya, misalkan:

Anda menggunakan SSL yakni https, maka daftarkan dan verifikasi semuanya:

https://www.namadomainanda.com.

https://namadomainanda.com.

http://www.namadomainanda.com.

http://namadomainanda.com.

Namun jika anda tidak menggunakan SSL, yakni hanya HTTP, maka hanya ini saja:

http://www.namadomainanda.com.

http://namadomainanda.com.

Lakukan verifikasi di Google Search Console dan selesaikan seluruh prosesnya.

Langkah 6—Webhosting yang solid untuk Lokal SEO

Memang harusnya poin ini berada diawal, namun karena artikel ini bertema lokal SEO, jadi sengaja dibagian awal posting ini saya memfokuskan bahasan utama terlebih dulu.

Adalah sangat penting bahwa website bisnis anda didukung oleh webhosting yang solid dan kuat untuk menunjang keberhasilan kampanye online disaat jam sibuk. Pastikan paket hosting anda kuat dan tidak sering down.

Website sering down berdampak amat sangat buruk bagi keberhasilan kampanye online SEO anda.

Silahkan baca tips cerdas memilih webshoting dari kami.

Pastikan anda tidak mengacuhkan faktor yang satu ini karena jika semua optimasi lokal SEO anda sudah bagus namun hostingnya payah maka anda akan merugi besar. Jadi luangkan waktu untuk mengoptimalkan hosting untuk website milik anda.

Kesimpulan

Lokal SEO secara teknis sama dengan SEO pada umumnya, namun sebenarnya ia lebih mudah untuk di tangani, karena sedikitnya persaingan.

Tentu berbeda jika anda bersaing keyword Busana Muslim dengan seluruh website di Indonesia, dengan bersaing hanya dengan website yang ada di Cikini, kenapa? Karena jumlahnya lebih sedikit, semakin sedikit persaingan semakin mudah mengoptimalkannya.

Inti dari Lokal SEO ialah:

  1. Informasi bisnis website yang jelas, alamat, nama, nomor telepon, lokasi peta yang tepat.
  2. Optimasi on-page dan off-page, on-page ialah theme, artikel, gambar dan semua konten website yang SEO friendly, sedangkan Off-Page ialah backlink berkualitas yang mengarah ke website dan sub-halaman website anda.
  3. Website yang solid, tidak sering down dan bermasalah, maka pilih hosting yang memang berkualitas, karena hosting sering down sangat buruk pengaruhnya buat website anda.
  4. Promosi dengan sosmed (Google Plus, Facebook, Twitter dan lainnya), jika perlu sewa orang khusus mengurusi departemen promosi di sosmed.

Itulah tips optimasi Lokal SEO yang bisa anda terapkan dan akan memberikan hasil mumpuni untuk keberhasilan penjualan produk apapun yang tengah anda pasarkan, dengan begitu akan meningkatkan penjualan dan keuntungan.