Beranda Wordpress Cara Merubah Permalink Di WordPress Agar SEO Friendly

Cara Merubah Permalink Di WordPress Agar SEO Friendly

Cara Merubah Permalink Di WordPress

Ketika berbicara aspek penting dalam SEO untuk blog WordPress, maka permalink memainkan peranan krusial dalam keseluruhan optimisasi.

Sebuah permalink merupakan link dari URL yang mengarah ke sebuah halaman atau posting. Permalink adalah kependekan dari Permanent Link atau Tautan permanen.

Secara default permalink yang ditetapkan WordPress ialah seperti ini:

https://www.seotimur.com/?p=123.

Struktur permalink diatas tidaklah cantik alias permalink jelek cenderung tidak SEO-friendly.

Kebanyakan dari blogger yang belum menyadari pentingnya faktor ini biasanya langsung install WordPress tanpa terlebih dulu menjadikan permalinknya cantik. Kemudian langsung ngeblog.

Alhasil mereka gagal di salah satu tahap penting optimisasi SEO untuk WordPress karena mereka menggunakan permalink default.

Di posting ini, saya akan bimbing untuk merubah permalink jelek menjadi permalink cantik.

Struktur Permalink Yang Direkomendasikan Untuk Optimalkan SEO

Salah satu faktor utama optimasi SEO on-page ialah menempatkan keyword di URL / permalink. Sedangkan pada permalink default WordPress kita tidak mendapatkan itu kecuali hanyalah permalink numerik.

Maka saat setelah anda install WordPress untuk pertama kalinya, dan memulai ngeblog tanpa melakukan perubahan pada permalink, maka orang itu ngeblog dengan struktur permalink yang tidak Google Friendly.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada teknik SEO WordPress, faktor permalink merupakan salah satu dari jenis optimisasi yang saya rekomendasikan.

Anda dapat temui beragam jenis permalink di path WordPress  Dashboard > Settings > Permalink. Sejumlah jenis struktur permalink yang disarankan ialah sebagai berikut:

  • Domain.com/Category/Post-name
  • Domain.com/Postname (/%postname%/)
  • Domain.com/postname/numeric-ID

Buat saya pribadi, struktur yang saya favoritkan ialah Post Name. Karena singkat, manis, jelas dan tidak menambah komponen apapun yang bisa pengaruhi nilai on-page SEO saya.

Contoh permalink hanya menggunakan nama post seperti ini: namablog.com/nama-post.

Ada juga sih rekan blogger lain yang merekomendasikan Category untuk di tempatkan di permalink. Itu juga bagus jika kategori anda pendek dan memiliki arti dan anda tidak memiliki lebih dari satu kategori disetiap posting.

Contoh permalink dengan kategori seperti ini: namablog.com/namakategori/nama-post.

Kalau saya sih tidak tertarik menambahkan kategori di struktur permalink.

Jenis permalink lainnya yang saya tidak rekomendasikan ialah menggunakan penanggalan. Bagi kebanyakan blogger, konten biasanya tak terbatas waktu, karena cenderung membahas subjek yang tidak hanya untuk waktu tertentu saja.

Contoh penanggalan seperti ini: namablog.com/2018/07/nama-post.

Menggunakan penanggalan di struktur permalink cenderung berpengaruh pada penurunan CTR bagi posting lama, padahal posting itu masih relevan. Karena setiap kali pencari informasi melihat hasil Google dan menemukan penanggalan posting yang lama, mereka cenderung tidak mengkliknya.

Perlu di ingat bahwa Google menggunakan CTR untuk merangking situs, oleh karena itulah sebaiknya anda merubah struktur permalink ke format yang menarik dan tidak lekang oleh waktu.

Cara merubah permalink WordPress menjadi permalink SEO

Jangan merubah permalink jikalau situs anda sudah memiliki banyak posting. Karena merubah permalink blog anda akan berimbas kepada banyak masalah, salah satunya not found, jadi berfikir dulu sebelum merubahnya.

Langkah 1 — Login ke blog WordPress anda.

Langkah 2 — Kemudian klik pada Settings.

Langkah 3 — Lalu pilih Permalink.

Langkah 4 — Dan pilih Post Name lalu klik Save Changes.

Menjadikan Permalink SEO WordPress

Mudah sekali bukan merubah permalink WordPress menjadi permalink SEO? Tentu saja karena pengembang WordPress membuatnya semudah mungkin.

Sekali lagi saya ingatkan agar mempraktekan cara ini untuk blog baru, jika blog anda sudah punya banyak posting apalagi sudah populer, sebaiknya tidak perlu merubah permalinknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here