Beranda Wordpress Plugin Related Post Terbaik Untuk WordPress

Plugin Related Post Terbaik Untuk WordPress

Download Related Post Untuk WordPress

Plugin related post membantu pembaca anda menemukan artikel lain yang juga bermanfaat di artikel yang sedang mereka baca. Hal ini merupakan hal bermanfaat setiap blogger harus miliki.

Download plugin related post untuk WordPress—Semakin banyak konten yang dibaca pengunjung kita, semakin besar kemungkinan mereka menjadi penggemar setia blog kita.

Jika begitu yang terjadi, maka kemungkinan besar mereka akan membagikan artikel kita ke media sosial, dan menjadi pengunjung setia, dan jika website anda menjual produk maka kemungkinan mereka akan menjadi pembeli.

Nah sekarang pertanyaannya adalah; “Bagaimana cara membuat pengunjung membaca lebih banyak konten di blog kita?”

Tentu saja dengan menghadirkan konten berkualitas, dan ini sudah harga mati, namun ternyata bukan hanya itu. Ada cara lainnya yakni menyediakan navigasi mudah agar mereka dapat mengembara di blog kita dengan struktur website yang akomodatif.

Biasanya setelah seorang pengunjung selesai membaca artikel, sebagian dari mereka berfikir apakah akan langsung pergi, atau terus membaca artikel yang lainnya?

Tentu sebagai blogger kita berharap mereka terus membaca artikel lainnya. Dan itu adalah tugas kita membuat mereka mudah menemukan artikel berhubungan lainnya.

Salah satu cara terbaik agar pengunjung terus berkelana di blog kita ialah dengan menaruh “related post” dibagian bawah artikel—selain menempatkan link internal.

Related post merupakan cara ideal untuk membuat pengunjung tetap tinggal di website. Efeknya akan menurunkan bounce rate, meningkatkan page view dan waktu di laporan statistik. Hal itu semua akan memberikan pengaruh positif pada usaha SEO anda. (Baca juga teknik SEO WordPress).

Related post juga cara fantastis untuk menghidupkan kembali artikel-artikel lama anda, yang sudah lama berada di bagian akhir karena tertutup artikel-artikel baru.

Hari ini, saya ingin memperkenalkan enam plugin related post WordPress terbaik, agar anda bisa pilih salah satunya untuk digunakan di blog anda.

Download Plugin Related Post Untuk WordPress Terbaik

Yang berikut adalah plugin related post dan setiap pluginnya disertai review untuk membantu anda memilih plugin related post mana yang terbaik dan paling cocok untuk blog WordPress kesayangan anda.

Yet Another Related Posts Plugin (YARRP)

Plugin Yet Another Related Post WordPressKelebihan

  • Algoritma canggih untuk menampilkan konten berharga dan delevan.
  • Desain ringan.
  • Template PHP kostum untuk pengguna advanced.

Kekurangan

  • Ia memproses posting langsung dari server anda, yang tentunya tidak baik bagi performa website.
  • Meskipun amat fleksibel, namun tidak user-friendly seperti JetPack.
  • Meskipun pengembangnya telah melakukan improvisasi terhadap performa, namun tetap plugin ini memiliki reputasi buruk pemakan resource besar.
  • Plugin ini tidak didukung dengan amat baik oleh pengembannya, meskipun ia amat populer.

Download YARRP Plugin WordPress.

Baca juga plugin untuk membuat forum di WordPress.

JetPack (Gratis)

JetPack Related Post WordPress
Mungkin anda sudah pernah dengan namanya bahkan akrab dengan Jetpack WordPress plugin. Ia merupakan plugin WordPress yang pintar, di dalamnya terdapat daftar dari 35 modul berbeda, setiap modul memiliki fungsi terpisah — fungsi-fungsi termasuk analitik, tombol sharing sosmed, dan sitem komentar.

Plugin ini sudah di download lebih dari 18 juta kali—membuatnya sebagai plugin WordPress paling banyak di download—hal itu dikarenakan plugin ini kaya akan fungsi. Namun disini saya hanya membahas satu fungsi saja yakni related post yang ada di JetPack.

Anda blog anda sudah memiliki hingga 10 posting, maka plugin ini dapat menganalisa konten anda, termasuk tag dan kategori, guna memilih artikel paling relevan untuk di taut.

Dan hebatnya proses itu tidak memberi efek pada kecepatan load website anda, karena analisa di lakukan di sisi JetPack.

Ada sejumlah opsi optimisasi anda bisa gunakan ketika melakukan setting pada fungsi related post. Anda dapat memilih apakah ingin menempatkan related post di bagian atas, atau dibagian bawah artikel, bahkan anda diberi pilihan untuk menampilkan related post dengan menempatkan sebuah kode pendek (shortcode) di artikel.

Selain itu anda juga dapat mengatur jumlah artikel yang dimunculkannya. Selain itu, JetPack memungkinkan anda mengeluarkan artikel tertentu atau bahkan seluruh kategori agar tidak tampil di seksi related post.

Dan keuntungan akhir dari plugin ini ialah anda dapat menguasai algoritmanya dan memasukan pilihan kustom anda sendiri kedalam area related post.

Kelebihan

  • Gratis.
  • Anda menggunakan infrastruktur WordPress.com untuk menampilkan related post, bukan infrastruktur server anda sendiri.
  • Plugin ini amat mudah di aktifkan, cukup sekali klik di antarmuka JetPack.
  • Anda tidak perlu melakukan langkah rumit.

Kekurangan

  • Anda tidak memiliki banyak kendali untuk membuat tampilan related post anda, kecuali fitur dasar yakni On/Off untuk thumbnail dan penanggalan.
  • Jiakalau anda ingin menggunakan related post untuk tipe konten lainnya seperti custom post maka anda harus melakukan banyak koding pada situs anda.
  • Anda harus menggunakan seluruh plugin JetPack hanya untuk menggunakan fungsi related post-nya, bagi sebagian orang ini perkara menjengkelkan.

Download JetPack plugin WordPress.

Contextual Related Posts (Gratis)

Plugin Contextual Related Post
Contextual Related Posts merupakan plugin gratis yang membolehkan kita menampilkan fungsi related di blog.

Plugin ini memungkinkan kita menempatkan tautan posting berhubungan di bagian bawah artikel—posisi standar—namun juga di titik khusus dari artikel menggunakan shortcode. Plugin ini juga mendukung  menaruh widget sidebar.

Anda juga dapat menampilkan thumbnail standar yang ada di artikel.

Contextual Related Posts memungkinkan kita memasukan kutipan pendek dan mengatur jumlah karakter yang ingin ditampilkan. Posting terhubung dapat di ubah gayanya, dengan menggunakan CSS.

Dan pada algoritma, plugin ini lebih terbatas dibandingkan sejumlah plugin lainnya. Karena Contextual Related Posts hanya mengacu pada judul dan konten di body, dan mengacuhkan kategori dan tag.

Namun begitu anda diberi kuasa untuk memilih berapa banyak posting yang ingin di tampilkan, dan seberapa sering mereka tampil — dan hal ini bagus untuk menghindari konten tua dan tidak relevan untuk tampil.

Untuk meningkatkan kendali mengenai posting mana yang harus dimunculkan, maka plugin ini memungkinkan anda memilih posting khusus dan kategori untuk membuangnya dari seksi related post.

Dan bagi mereka yang juga mengggunakan halaman (pages) dan kostum post, maka ada kabar gembira, karena plugin ini juga mendukung keduanya.

Sayangnya, plugin ini juga memiliki masalah seperti YARPP—karena sangat memakan source database, karenanya membuat penyedia shared hosting tidak merekomendasikannya. Pastikan sebelum menggunakannya anda mendapat izin pihak hosting.

Kelebihan

  • Gratis.
  • Mendukung tipe custom post dengan mudah.
  • Anda dapat menampilkan related post didalam konten atau juga di bagian akhirnya.
  • Opsi untuk mencampur dan mencocokkan tipe-tipe posting atau membatasi related post hanya pada tipe posting yang sama.
  • Opsi style kecil yang banyak untuk ukuran thumbnail, metadata dan sebagainya.
  • Opsi untuk membuang sejumlah kategori dari hasil related post.

Kekurangan

  • Karena plugin ini menggunakan server anda, maka ia mengkonsumsi resource database anda.
  • Tidak dilengkapi dengan opsi layout built-in yang banyak, namun anda bisa menggunakan CSS sendiri.
  • Algoritma yang digunakan hanya untuk menemukan related post berdasarkan judul dan konten, dan ini amat terbatats dibandingkan plugin yang lain.

Download Contextual Related Post.

Yuzo – Related Posts (GRATIS)

Plugin Yuzo Related Post
Kita sudah sepakat, bahwa kecepatan adalah faktor penting dalam dunia onlin. Dan related post bisa mempengaruhi kecepatan website, karenanya anda harus mempertimbangkan secara matang saat memilih related post yang telah di optimasi untuk kecepatan.

Maka Yuzo adalah jawabnya, merupakan plugin ukuran ringgan, dan dibangun dengan cache.

Sebagai salah satu plugin tercepat yang ada, Yuzo juga menawarkan penampilan stylis, menggunakan desian minimalis dan cantik.

Kita semua ingin meramu area related post yang menarik perhatian dan cocok dengan seluruh tampilan website. Maka Yuzo mendukung kemampuan kostumisasi ekstensif. Sebagai awal, anda bisa menyusun tampilannya baik secara veritkal maupun horisontal.

Menaruh warna untuk latar belakang, teks kostum, dimensi thumbnal kostum, dan dari kesemuanya itu anda akhirnya sadar betapa elegan  dan pintarnya plugin yang satu ini.

Salah kepintarannya terlihat dari kemampuannya untuk di tempatkan di area widget manapun. Dan tentunya mendukung semua konten—baik post, halaman dan tipe post kostum. Anda juga dapat menaruh posting yang anda inginkan di widget secara manual.

Selain itu Yuzo juga memiliki fitur menampilkan angka kunjungan dari setiap posting. Hal ini amatlah bermanfaat jikalau anda ingin mengetahui berapa banyak ekstra view setiap halaman dan posting didapatkan.

Kelebihan

  • Amat cepat loading dan desain ringan.
  • Banyak desain dan tema untuk dipilih.
  • Mendukung desain RTL.
  • Cocok untuk Horisontal dan Vertikal.
  • Antarmuka admin yang mudah

Kekurangan

  • Desain lam.
  • Mungkin tidak singkron dengan theme WordPress moderen.

Download Yuzo Related Post.

AddThis Recommended Content (Gratis dan upgrade berbayar)

Plugin AddThis Recommend Content
Meskipun yang satu ini secara teknis bukanlah sebuah plugin, AddThis telah mengembangkan sejumlah tool konten terhubung keren untuk di tempatkan di blog WordPress anda—AddThis merupakan layanan yang menawarkan tombol sharing sosmed yang mungkin anda telah melihat sebelumnya di sejumlah blog dan website populer.

Tidak banyak yang dapat di ungkap mengenai algoritma yang digunakannya untuk menentukkan relevansi konten, namun mereka menyatakan bahwa plugin ini menempatkan konten yang ngetrend.

Untuk menaruhnya di website anda, maka anda harus terlebih dahulu daftar secara gratis di AddThis Account. Dari situs anda bisa mengakses seluruh tool website mereka.

Bagi yang gratis, disediakan empat related post, termasuk recommended content footer,  horizontal recommended content (Ditempatkan di bagian bawah artikel) dan vertical recommended content (ditempatkan di sidebar).

Ada juga tool yang menampilkan box kecil dibagian pojok bawah yang muncul saat pengunjung sudah mencapai dibagian akhir artikel.

Dan kesemuanya memiliki tampilan bagus dan stylis.

Kelebihan

  • Desain cantik untuk dipilih (light, gray, dark, dan tema transparan).
  • Opsi beragam untuk menempatkan widget.
  • Ada analitik untuk related post dan jumlah share.
  • Mudah untuk di install dan di kostumisasi.

Kekurangan

  • Memberi sedikit efek terhadap waktu loading.
  • Kostumisasi dan analitik memerlukan akun AddThis (Untuk versi gratis dan pro).

Download AddThis Recommended Content.

Related Posts by Taxonomy (Gratis)

Plugin Related Post By Taxonomy
Ini merupakan plugin Related Post gratis yang hadir dengan widget untuk area posting dan sidebar untuk ditampilkan pada blog.

Related Post by Taxonomy memungkinkan anda menaruh widget di area manapun dengan menggunakan sebuah shortcode sederhana. Maskipun ia menawarkan kostumisasi widget terbatas, anda juga dapat menggunakan template HTML anda sendiri, tentu saja jikalau anda mempunyai keahlian koding.

Kelebihan

  • Desain ringan.
  • Shortcode untuk menampilkan related post diarea manapun.
  • Kemampuan untuk menambah dan membuang istilah dalam pencarian widget.

Kekurangan

  • Opsi kostumisasi terbatas.
  • Tiada desain theme.
  • Desain lama.

Kesimpulan

Jika anda tengah berusaha membuat pengunjung menghabiskan waktu lama di blog WordPress anda, maka menambahkan fungsi related post merupakan cara sudah terbukti untuk membuat pengunjung betah—hal itu akan meningkatkan page view, durasi pengunjung lebih lama, dan menurunkan bounce rate / rasio pantulan.

Bahkan yang lebih penting lagi, ketika seorang pengunjung melihat konten lebih banyak lagi, mereka semakin menghargai website anda, dengan begitu akan menjadi pelanggan, juga membagikannya di sosmed, dan hasil bagus lainnya.

Semua plugin yang saya rekomendasikan disini mampu menambahkan seksi related plugin penuh fungsi ke website anda. Namun begitu, mereka memiliki cara kerja dan tampilan sedikit berbeda, dengan kelebihan dan kekurangannya, maka jangan terburu-buru, dan pilih sesuai kebutuhan.

Sudah menggunakan salah satu dan plugin related post untuk WordPress di blog anda? Mana yang menurut anda terbaik sejauh ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here