Beranda SEO 14 Teknik SEO WordPress–Cara Mumpuni Menjadi Nomor 1

14 Teknik SEO WordPress–Cara Mumpuni Menjadi Nomor 1

14 Teknik SEO WordPress–Cara Mumpuni Menjadi Nomor 1

Teknik SEO WordPress—Ingin banyak mata melihat blog WordPress anda? Apapun topik blog anda—entah itu untuk menghibur atau memberi informasi kepada banyak orang, mempromosikan kerja, menjual produk dan layanan, apapun itu. Maka anda butuh pengunjung.

Semakin banyak pengunjung yang anda raih, semakin mudah membangun audensi pembaca yang dapat diandalkan.

Namun bagaimana memulainya?…Maka baca teknik SEO untuk WordPress ini.

Ada banyak cara dan metode untuk mendapatkan trafik ke blog WordPress kita, namun paling efektif ialah melalui mesin pencari.

SEO merupakan koleksi dari tumpukan strategi dan teknik yang semata ditujukan membantu seluruh halaman mendapat ranking setinggi mungkin di Google, Yahoo! dan Bing.

SEO akan membuat visibilitas blog anda meningkatkan dan populer.

Banyak sekali cara untuk men-SEO-kan blog WordPress, bahkan amatlah banyak, namun tidak perlu semuanya kita lakukan.

Cukup 14 cara keren punya yang sudah saya buktikan untuk kampanye SEO pada blog-blog WordPress saya.

Dan cara SEO untuk WordPress saya akan ulas disini semuanya adalah cara sederhana, bahkan seorang pemula sekalipun dapat melakukannya dengan mudah.

Anda bisa mengembara di 14 teknik SEO untuk WordPress guna membantu anda memulai dengan langkah-langkah yang benar.

Sebelum memulainya ada baiknya anda juga membaca yang berikut ini:

Perkenalan SEO—Kenapa SEO Menjadi Penting?

Saat kita ingin mencari informasi di internet, maka fikiran kita langsung tertuju pada mesin pencari.

Artinya jikalau blog Wordperss kita sudah terindeks oleh mesin pencari, maka selanjutnya ialah memastikan ia tampil di Google dan mesin pencari lainnya.

Dan yang paling penting, blog WordPress kita harus muncul di halaman pertama—jika perlu di 5 besar.

Cara terbaik untuk meraih ranking bagus ialah dengan SEO—yang didalamnya terdapat sekumpulan strategi dan aktivitias berdasarkan apa yang kita fahami mengenai cara kerja mesin pencari—dan bagaimana mereka menentukan ranking.

Ada banyak sekali keuntungan kita akan nikmati jikalau website WordPress kita teroptimasi untuk mesin pencari, yakni adalah:

  • Sebuah website yang mendapat rangking tinggi di mesin pencari memiliki kesempatan visibilitas lebih tinggi dan tentu saja berimbas kepada naiknya angka kunjungan juga page view.
  • Situs yang muncul di urutan terbaik akan tampak lebih dapat di percaya dan profesional.
  • Situs dengan ranking terbaik berarti telah berhasil menghadirkan konten yang hebat dan bermanfaat, dikarenakan Google memang menekankan kualitas konten sebagai faktor merangking.

Andai anda seorang yang newbie dalam urusan SEO, maka jangan panik lah. Cukup dengan membuat sebuah blog WordPress, maka anda telah mengambil langkah besar.

Dikarenakan platform blogging yang satu ini memang diramu agar SEO dan Google friendly.

Selain itu anda juga akan temukan begitu banyak tips SEO untuk WordPress dimana-mana, dan semuanya amat mudah untuk diterapkan.

Hasilnya rangking blog atau website WP anda mendaki keurutan atas.

Okelah mari bersama kita tengok 14 cara mudah yang bisa anda terapkan kapan saja dan dimana saja anda mau :)).

14 teknik SEO WordPress untuk meroketkan rangking di Google

Oh iya sebelum posting ini saya rumus, saya berpijak dengan pemikiran bahwa: tentu pembaca saya orang sibuk. Maka dari itu semua teknik SEO WordPress ini bisa anda terapkan sekarang juga (Tidak perlu dilakukan rutin dan berlarut-larut).

Jadikan posting ini sebagai tempat untuk memulai petualangan SEO untuk WordPress anda.

Dan ingat, jika tidak ingin maka anda tidak perlu mempraktekan ke 14 cara disini (Meski saya rekomendasikan diikuti semua)—karena cukup praktekan sebagian teknik saja akan memberikan hasil mumpuni untuk posisi blog anda di Google dan mesin pencari lainnya.

Semua teknik SEO untuk WordPress ini lebih menekankan untuk optimisasi pada Google dikarenakan ia adalah mesin pencari informasi paling populer dan terbanyak penggunanya.

Dan saya juga lengkapi dengan menjelaskan sedikit tentang algoritma Google gunakan.

Selain itu semua strategi SEO untuk WP ini bisa juga membantu blog anda di layanan lainnya seperti Yahoo! dan Bing.

Saya amat sarankan sebelum anda membaca ke 14 teknik dibawah maka silahkan baca juga apa itu Googlebot, karena mengetahui tentang Googlebot memberikan pemahaman komplit bagaimana sebuah situs dirangking oleh Google.

1. Pilih Hosting Yang Tepat

Pilih Hosting SEO Tepat

Kenapa urusan hosting saya taruh di urutan pertama? Karena hosting adalah tempat menaruh seluruh konten kita—semua konten teks, gambar, theme, plugin dan lainnya di simpan di hosting.

Hosting ibarat toko, bagaimana anda bisa memasarkan toko agar banyak pembeli jikalau tokonya hancur dan bermasalah?

Karenanya pemilihan hosting saya taruh di awal. Dan itu adalah benar. Memilih penyedia hosting yang tepat merupakan urusan vital dalam teknik SEO WordPress.

Google menjadikan kecepatan sebagai penentu rangking, sebuah hosting yang handal akan membantu mendongkrak posisi blog ke kelas lebih bagus di hasil pencarian.

Apabila salah pilih hosting, dan berimbas pada performa website anda—sering alami downtime dan lelet loading—maka itu adalah petaka.

Bagi anda pemilik blog berbahasa Indonesia dan menarget visitor dari Indonesia, maka saya sarankan gunakan hosting dalam negeri yang memiliki server di Indonesia atau Singapora.

Ini dikarena jarak server yang dekat memungkinkan kecepatan respon pada browser pengunjung.

Sekarang telah banyak perusahaan hosting lokal, dan yang saya percaya ialah NiagaHoster, perusahaan ini menawarkan data center Indonesia dan Singapura. Menjadikannya super cepat.

Selain itu, NiagaHoster juga menawarkan HTTPS gratis selamanya. Perlu diketahui bahwa Google telah menetapkan bahwa HTTPS dijadikan sebagai faktor minor menentukan ranking.

Anda bisa melihat paket Shared Hosting atau juga VPS yang ditawarkan oleh NiagaHoster.

Sejauh pengalaman pribadi belum pernah mengalami masalah dengan hosting ini setelah hampir 2 tahun menggunakannya.

2. Pilih WP Theme Yang SEO-Friendly

Theme WP SEO

Theme merupakan urusan kedua yang penting setelah hosting bagi blog / situs WordPress anda. Ia menentukan penampilan dan layout situs, berperan sebagai penyedia fungsi, dan menangani urusan SEO secara internal.

Contohnya, theme WP pakai bisa mempengaruhi kecepatan loading situs—kecepatan loading merupakan hal vital.

Kode yang bersih merupakan indikasi bahwa theme WP itu di kembangkan dengan benar, alhasil membantu menaikann posisi di Google dan mesin pencari lainnya.

Karenanya ketika memilih sebuah theme WordPress, pastikan mencari theme yang dibangun berdasarkan prinsip SEO.

Theme jenis ini lazim disebut “SEO-Friendly. Salah satunya yang saya gunakan, yakni Genesis, dikemas khusus untuk membantu situs meningkatkan posisi di Google dengan kode valid dan heading tepat.

3. Menggunakan Plugin SEO Khusus

Yoast Plugin

Yoast SEO menawarkan seperangkat tool berguna untuk SEO.

Bagi yang baru menjajaki dunia WordPress, mungkin belum familiar dengan yang namanya plugin. Plugin adalah software add-on yang dapat di install, berguna untuk memperkaya blog dengan fitur-fitur baru dan juga fungsi tambahan.

Nah plugin Yoast SEO ini menambahkan fitur kepada blog WordPress untuk urusan SEO, bertujuan menyulap si blog melengkapi dirinya dengan semua urusan SEO internal.

Jadi gunakan Yoast SEO yang akan memberikan semua optimisasi SEO oke punya ke blog WordPress anda.

4. Ganti Struktur Permalink Jelek Ke Cantik

Permalink singakatan dari permanent link atau tautan permalink merupakan URL yang mengarah kepada halaman tertentu pada blog.

Permalink inilah yang digunakan sebagai referensi oleh siapapun untuk mentaut (me-link) blog anda. Karenanya penampilan yang satu ini penting.

Link deskriptif dan bersih semata memberikan kejelasan mengenai konten akan memudahkan mesin pencari untuk merangking halaman.

WordPress menawarkan kemudahan ganti permalink menjadi cantik dengan menuju Settings -> Permalink:

Permalink SEO Untuk WordPress

Secara default permalink yang WordPress tetapkan berdasarkan nomor yakni urutan angka, dan struktur seperti ini tidaklah ideal karena menjelaskan informasi tidak lengkap bagi mesin pencari. Contohnya sepert ini:
Ini adalah jenis permalink jelek.

https://www.seotimur.com/?p=123

Namun untungnya kita bisa menggantinya menjadi cantik, cukup dengan merubahnya menjadi nama posting. Seperti blog ini menggunakan struktur seperti ini:

https://www.seotimur.com/sample-post/

Untuk lebih jelasnya silahkan ke cara merubah permalink WordPress menjadi SEO.

5. Buat Sebuah SiteMap

Sebuah sitemap ialah daftar dari semua halaman dan konten di website WordPress, biasanya di kelompokkan kedalam sebuah hirarki.

Ia menyuguhi cara cepat untuk melihat apa saja yang terdapat pada website kita.

Pada awalnya sitemap diperuntukkan untuk pengguna / manusia menavigasi website, namun kini para pengembang CMS juga menyediakan versi XML-nya untuk mesin pencari dimaksudkan untuk memberikan informasi terhadap bot mesin pencari atau perayap.

Menambahkan sebuah sitemap tidak secara langsung meningkatkan rangking mesin pencari, namun tetap merupakan tool SEO berharga.

Karena ia memudahkan perayap Google melihat seluruh konten website dan memahami keterhubungan antara konten.

Itu artinya memberikan kemudahan Google untuk indeks website, dan untuk menghadirkan konten relevan kepada pencari informasi di Google.

Menambahkan sitemap di Worpress merupakan perkara mudah—anda bisa gunakan sebuah plugin bernama Google XML Sitemaps, atau jika anda menggunakan Yoast SEO maka fitur ini sudah disediakan.

6. Menggunakan Tag Heading Di Semua Konten

Manfaat sitemap ialah menjadikan konten WP anda lebih terorganisir di mata perayap Google, namun tidak untuk urusan tampilan dari posting. Untuk itu, anda perlu tag Heading.

Ini biasa disebut urusan format yang dapat di aplikasi di area halaman dan posting.

Anda bisa melihat setting Heading pada Editor WordPress, seperti berikut Heading 1,Heading 2, dstnya:

Heading Blog SEO WordPress

Menggunakan format Heading untuk mengatur posting memberikan dua hal bermanfaat pada anda.

  1. Pertama, menghadirkan keuntungan visual dengan memilah teks dan membuatnya mudah dibaca.
  2. Kedua, perayap memberi perhatian khusus pada Heading, karena digunakan untuk memahami struktur konten anda dan mana area yang penting didalamnya.

Maka amat direkomendasikan untuk selalu menggunakan Heading saat menulis posting dan lakukan secara konsisten.

7. Ciptakan Konten Berdasarkan Keyword

Setiap konten ditemukan oleh pengguna Google berdasarkan keyword dan keyphrase mereka ketik.

Contohnya jikalau posting anda berjudul Asuransi Jiwa Terbaik, melakukan ini maka anda telah memprediksi bahwa akan banyak orang mengetik keyphrase itu ketika mencari topik seputar Asuransi Jiwa.

Maka pilihlah keyword untuk setiap posting anda dan tempatkan di beragam tempat—seperti di judul, heading dan di dalam konten—ini merupakan cara lazim untuk mengkomonikasikan topik anda kepada perayap Google alhasil memperbesar kesempatan muncul di pencarian relevan dengan keyword.

Pastikan anda melakukan cara ini dengan pintar. Jangan gunakan keyword stuffing dengan menjejalkan keyword yang ditarget dibanyak tempat dalam posting karena akan terlihat tidak wajar dan cenderung ngespam.

8. Selaraskan Link Internal Dan Eksternal

Google ingin melihat bagaimana sebuah website terhubung dengan baik, secara internal juga eksternal.

Keberadaan banyak tautan / link di posting anda sebagai sinyal kepada perayap bagaimana blog anda berhubungan dengan konten yang se-topik.

Dan hal ini akan menyemangati blogger lainnya men-taut balik kepada situs anda—nah bagi Google hal ini diartikan sebagai vote atau poin kepada konten anda.

Namun sedikit nasehat, pastikan anda men-taut kepada halaman internal dan eksternal yang relevan dengan bahasan topik.

Jika sebaliknya, anda hanya menumpuk tautan dan ternyata tidak relevan dengan topik posting, namun semata-mata untuk promosi, ini bisa berakibat negatif buat ranking blog anda.

Amat disarankan untuk menselaraskan tautan-tautan dengan wajar, dan mengarahkan pembaca ke website berkualitas tinggi dan relevan.

Menggunakan teknik link internal dan eksternal dengan pintar bisa memberikan kontribusi besar untuk keberhasilan teknik SEO WordPress anda.

9. Gunakan Desain Responsif Untuk Blog WP Anda

Dewasa ini semakin banyak pengguna perangkat Mobile untuk mengembara di rimba internet. Artinya situs anda harus tampil cantik diperangkat seperti Android, iPhone dan lainnya.

Anda dapat menggunakan theme WP yang mobile responsif dan jangan khawatir sekarang semua theme sudah mobile friendly.

Jika theme anda belum mobile friendly maka carilah di Google. Perlu di ingat bahwa desain responsif merupakan hal penting dan sudah resmi menjadi faktor penentu rangking.

Semakin responsif semakin besar kesempatan berada di posisi sesuai diharapkan di hasil pencarian Google.

Bagi pengguna WordPress silahkan mencarinya di gudang WordPress theme tersedia untuk anda.

10. Optimalkan Gambar

Gambar merupakan hal penting bagi semua jenis website. Gambar menghadirkan daya tarik dan konteks secara visual, dan membantu memilah konten dan membuatnya menarik untuk di baca.

Karenanya gambar juga bisa memberi kontribusi terhadap SEO.

Contohnya sebuah ukuran gambar dapat berakibat pada kecepatan loading, padahal kecepatan loading adalah faktor penentu rangking.

Selain itu para perayap akan mencari semua informasi yang terdapat padanya seperti nama file dan teks Alt ketika merayapinya untuk memahami konten anda.

Jika anda mampu mengoptimalkan ukuran gambar dan memberikan keterangan berupa teks deskriptif pada nama file dan alt pada gambar, maka itu tindakan positif bagi usaha SEO anda.

Cara optimalkan gambar

  • Memberikan Title / Judul dan Teks Alt untuk menginformasikan mesin pencari tentang gambar anda.
    Optimalkan Gambar
  • Pastikan semua gambar yang anda ingin upload sudah di optimalkan, namun jika belum maka anda bisa gunakan sebuah plugin bernama Smush.it, untuk mengoptimalkannya dan mengurangi ukuran dari gambar-gambar yang telah terupload.

11. Tulis Artikel Sepanjang Mungkin

Sejak algoritma  Google juga menitik beratkan konten, maka semua blogger menaruh perhatian khusus pada panjang konten. Namun begitu, bukan berarti artikel pendek tidak mempunyai kesempatan mendapat rangking.

Namun begitu, artikel panjang memiiki banyak keuntungan, disebabkan (berdasarkan penelitian) konten yang panjang akan dianggap oleh Google sebagai konten lebih bermanfaat.

Di tambah lagi, konten lebih komprehensif, maka tercipta komunikasi topik konten lebih baik bagi perayap melalui keyword, heading dan lainnya.

Konten lebih panjang juga lebih bernilai bagi pembaca, karena meningkatkan kredibilitas, dan memotivasi pengunjung untuk menghabiskan waktu lebih lama.

Maka saat membuat konten, cobalah membuatnya dengan detil dan terperinci menjadikan bahasan lebih dalam.

Untuk hal ini adaa banyak cara salah satunya dengan memahami betul topik yang akan anda tulis diblog, dengan menguasai topik maka akan banyak ide untuk dituangkan di artikel.

Konten SEO Yang Panjang

Seperti kita lihat dari presentasi diatas, panjang konten wajar dari halaman yang muncul di 10 besar rangking Google untuk keyword apapun sebanyak 2.000 kata.

Dan jika anda melihat kehalaman berikutnya yaitu halaman 2 dan seterusnya, maka anda akan dapati jumlah kata dikonten lebih sedikit. Hal ini menjelaskan bahwa Google lebih suka dengan konten yang kaya, bukan hanya sebatas panjang artikel saja, ini dikarenakan pembaca lebih condong membaca artikel yang memberikan informasi detil.

12. Update Blog Anda Sesering Mungkin

Sejalan dengan panjang artikel, algoritma Google juga menetapkan sering update merupakan faktor tetapkan rangking. Konten lama namun berkualitas tinggi amat bagus, namun menambahnya dengan konten baru yang berkesinambungan akan lebih bagus lagi.

Oleh karenanya, jikalau anda inign situs anda selalu bagus di hasil pencarian, maka sebaiknya terus mengupdatenya dengan konten baru secara rutin.

Coba membuat jadwal posting untuk terus konsisten dan melakukan variasi terhadap tipe konten yang anda buat untuk membuat anda dan pengunjung anda tetap tertarik.

Selain itu, jangan telantarkan posting lama. Mengupdate konten mendorong perayap untuk melakukan evaluasi ulang pada posting lama dan memungkinkan akan merubah posisi rangkingnya.

13. Fokus Pada Konten Berkualitas

Konten Berkualitas

Semenjak Google dan mesin pencari lainnya menyusun algoritma yang komplek guna menentukan rangking, tujuan mereka hanya satu yakni membantu situs yang berkualitas dengan konten relevan untuk berada di posisi yang seharusnya.

Faktor rangking spesifik dan efeknya untuk terus berubah, namun ketetapan ini selalu sama. Jikalau anda ingin sukses dengan usaha SEO anda, maka anda harus fokus menciptakan konten berkualitas dibandingkan mencurangi Google dan mesin pencari.

Soalan ini sudah banyak dibahas, dan semua telah sepakat bahwa ini adalah cara solid untuk meningkatkan kualitas posting. Selain itu anda juga harus mengetahui keinginan dan kebutuhan pembaca karenanya agar anda terus fokus menyediakan kebutuhan mereka.

Dan juga harus di ingat, sebelum menekan tombol “Publish” sebaiknya periksa artikel anda untuk memastikan bahwa semuanya sudah siap tayang.

14. Perbaiki Broken Links Di WordPress Anda

Broken Link

Jikalau blog WordPress anda memiliki banyak broken link, maka Google dan search engine lainnya akan menganggap bahwa situs anda tidak di urus dengan baik.

Karenanya blog anda akan mendapatkan hukuman, karena dianggap sebagai blog yang ditelantarkan. Untuk perbaiki masalah itu bisa gunakan plugin WordPress bernama Broken Link Checker.

Plugin itu akan menangangi masalah broken link internal dan eksternal. Plugin ini bisa disetting untuk set NoFollow untuk broken link secara otomatis, guna menghindari mesin pencari  berkesan buruk terhadap website anda.

Anda juga akan mendapatkan email pemberitahuan jikalau ada broken link di situs anda sehingga dapat langsung memperbaikinya, untuk unlink link broken, dan tindakan yang diperlukan lainnya.

Kesimpulan Untuk Teknik SEO WordPress

Teknik SEO WordPress merupakan kesatuan yang terdiri dari strategi dan teknik, bagi sebagian orang mungkin merupakan hal yang menyusahkan. Untungnya, anda tidak perlu menjadi ahli SEO untuk membantu rangking situs anda di hasil pencarian.

Anda cukup melakukan sejumlah langkah mudah untuk langsung menikmati hasilnya.

  • Memilih WordPress sebagai platform blogging merupakan tindakan tepat untuk membuat sebuah situs yang teroptimasi dengan benar.
  • Selanjutnya memilih perusahaan hosting yang tepat.
  • Memilih theme WordPress yang SEO-Friendly.
  • Dan memasang sejumlah plugin SEO WordPress.

Dengan melakukan strategi diatas ditambah dengan teknik di posting ini, maka anda sudah berada dijalur tepat untuk mengoptimalkan visibilitas blog anda untuk mendulang trafik.

Tidak ada salahnya jika anda melakukan evaluasi ulang terhadap situs WordPress setelah mengaplikasikan semua atau sebagian teknik SEO WordPress disini.

Lakukan pengecekan apakah semuanya sudah lebih baik atau belum. Idealnya, anda akan melihat perubahan signifikan di trafik organik kedepannya.

Apakah anda memiliki sejumlah pertanyaan untuk meningkatkan Teknik SEO WordPress anda? Maka silahkan komen di area posting ini untuk memulai diskusi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here