Beranda Webhosting Tips Cerdik Memilih Paket Hosting Yang Sesuai Kebutuhan

Tips Cerdik Memilih Paket Hosting Yang Sesuai Kebutuhan

Tips Cerdik Memilih Paket Shared Hosting

Tips cerdik memilih paket hosting. Jika anda ingin mengetahui tips dan tricks untuk digunakan agar mendapatkan hosting yang bagus dengan harga yang tidak mahal, maka perhatikan apa yang akan diulas posting ini.

Posting ini akan mengupas bagaimana mengevaluasi dan memilih paket hosting yang paling tepat untuk kebutuhan. Jikalau anda tidak memiliki pengalaman banyak dibidang ini, maka jangan khawatir karena posting ini mengulas semua yang dibutuhkan dengan cara sederhana dan tidak terlalu teknis untuk difahami.

Mari kita langsung saja penjelasannya.

Tips cerdik untuk memilih paket shared hosting terbaik sesuai kebutuhan

Dapat diandalkan

Jikalau anda berencana membangun sebuah website bisnis, maka pastikan anda benar-benar memastikan paket hosting yang ditawarkan dapat diandalkan.

  • Uptime hingga / nyaris 100%—Uptime tinggi memastikan bahwa pengunjung anda dapat mengakses website anda, dan seluruh halamannya, sehingga anda tidak akan kehilangan potensi penjualan apapun.
  • Support yang bagus—Pastikan hosting yang akan anda ambil memiiki tim support untuk masalah teknis yang handal. Jika ada, bagaimana cara menghubunginya? Jaman sekarang, semua perusahaan hosting menyediakan layanan support untuk kostumer namun tidak semua menyediakan dukungan berkualitas. Jadi, pasang mata dan baca review mengenai perusahaan hosting sebelum memilihnya.

Fleksibilitas

Dengan berjalannya waktu, bisnis anda semakin berkembang, artinya anda membutuhkan paket hosting lebih kuat untuk mendukungnya. Maka pastikan anda menanyakan hal-hal berikut:

  • Apakah proses upgrade pake hosting ke paket yang lebih bagus mudah atau rumit?
  • Berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan upgrade?
  • Atau juga, bagaimana dengan transfer ke hosting perusahaan ini apakah prosesnya mudah?

Kualitas

Anda harus mengetahui standardisasi paket hosting yang bagus dimasa sekarang. Tentu artikel ini tidak mungkin mengulas semuanya, namun saya sarankan untuk mengambil hosting yang memiliki cPanel dan Fantastico, MYSQL—Versi 5 dan lebih baru, juga PHP 5.

  • cPanel—cPanel menghadirkan sebuah panel kendali untuk mengelola akun dan file di hosting. Ini merupakan salah satu dari sekian software sejenis, namun sejauh ini CPanel yang terbaik juga tergolong ringan (Anda bisa pula gunakan yang lebih ringan lagi yakni Vesta CP jika gunakan VPS Unmanaged).
  • Fantastico—Pastikan hosting anda memiliki fitur ini atau yang sejenis seperti Softaculous, karena dengan software ini anda bisa menginstall CMS seperti WordPress dan software website lainnya hanya dengan sekali klik saja. Anda tidak perlu menginstall secara manual yang rumit dan merepotkan.

Harga

Harga bisa berbanding lurus dengan kualitas hosting dan layanan lainnya. Namun sebenarnya tidak selalu begitu, banyak hosting dengan harga tergolong murah tapi kualitasnya oke punya. Maka pastikan anda benar-benar memeriksa harga penawaran dan fiturnya, tidak gegabah hanya karena harga murah namun kemudian anda menyesal karena kualitasnya berantakan.

Untuk hosting saya sarankan:

  • Interserver.net (Harga mulai $6/bulan), berdasarkan pengalaman kuat menangani trafik hingga 15 ribu dan pageview 18 ribuan setiap hari). Namun sayangnya hosting yang satu ini belum ada server di Singapura.
  • NiagaHoster, ini yang biasa saya gunakan untuk blog ini, sejauh ini tidak masalah, kecepatannya juga cukup memuaskan, nyaris tanpa down.
  • Webhost Murah, hanya Rp 50.000 / 3 bulan, saya sudah rasakan mampu handle diatas 1500 an visitors dan sekitar 2000-an page view setiap harinya. Dan nyaris tanpa down, bahkan menurut saya lebih dapat diandalkan dari hosting-hosting yang mahal di Indonesia.
Kesimpulan

Itulah keseluruhan dari semua tips memilih hosting yang saya sudah praktekan dan bisa pula anda praktekan, memang masih banyak faktor yang tidak di bahas disini. Akan tetapi semua faktor diatas merupakan hal utama yang memang krusial. Jadi cukup berpedoman hal-hal diatas anda sudah dapat memilih hosting yang sesuai kebutuhan dan dapat diandalkan.

Anda bisa juga menuliskan komentar untuk bertanya lebih lanjut agar saya dapat menanggapinya dan memberi masukan berdasarkan pengalaman pribadi dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman-teman anda yang mungkin sedang bingung gimana memilih hosting yang benar untuk bisnis mereka semua dan sampai jumpa lagi di posting-posting saya selanjutnya di masa datang.