Beranda SEO Anjuran Google: Website Memiliki Hirarki Konten Jelas & Tepat

Anjuran Google: Website Memiliki Hirarki Konten Jelas & Tepat

Anjuran Google: Website Memiliki Hirarki Konten Jelas & Tepat

Buat situs yang berguna dan kaya informasi, serta tulis laman yang menggambarkan konten Anda dengan jelas dan tepat & desain situs Anda agar memiliki hierarki laman konseptual yang jelas. (—dari Google webmaster guidelines 1)

Contoh konten yang jelas dan tepat

Konten Yang Jelas Tepat

Andaikata anda tengah membuat sebuah website bertema “ragam macam binatang peliharaan untuk dijual”, maka pastikan bagian homepage mengenai “binatang peliharaan”.

Susunan jelas dari website anda membantu orang dan mesin pencari memahami dengan mudah bagian terpenting dari website anda.

Sebuah situs yang tersusun dengan baik menciptakan pengalaman bernavigasi jauh lebih mudah bagi pengguna dan menghadirkan tinjauan jelas kepada mesin pencari mengenai topik dari website anda.

Selain itu jika homepage anda sudah benar, maka pastikan di sub-sub kategorinya juga relevan, contohnya “makanan anjing” harus menjadi sub-kategori “Anjing”, jangan anda letakan di sub-kategori “Kuncing”.  Begitu seterusnya. Sehingga website anda terlihat jelas secara default oleh Google.

Contoh sebuah website dengan konten tidak jelas

Konten Yang Jelas Tepat2

Andaikata website anda tentang “binatang peliharaan” namun homepage anda mengenai “kura-kura”, maka pengunjung dan mesin pencari akan berasumsi bahwa topik utama website anda ialah mengenai kura-kura bukan binatang peliharaan (Binatang peliharaan akan dianggap sebagai sub-topik). Meskipun keseluruhan situs anda memang tentang binatang peliharaan.

Jangan sampai hal ini terjadi, meskipun konten artikel anda bagus tentang kucing, anjing dan binatang peliharaan lainnya, namun tetap saja orang tidak akan mencari anjing di website yang—mereka sangka—tentang kura-kura.

Dan mesin pencari juga tidak akan memberi nilai besar kepada website anda.

Semua bencana ini terjadi karena anda salah menyusun hirarki dengan benar, sehingga konten anda menjadi tidak jelas dan pula tidak tepat.

Tautan Teks / Text Link

Sebuah tautan statis merupakan tautan teks yang dapat dibaca baik oleh pembaca juga mesin pencari dengan cepat.

Umumnya bentuknya seperti ini.

<a href=”http://www.domainanda.com”>tautan teks disini</a>

Tautan teks membantu pengguna untuk mengakses bagian dari website anda. Oleh karenanya dibutuhkan untuk kemudahan navigasi yang berimbas kepada “kejelasan konten” anda.

Tautan Statis

Pastikan setiap halaman di website anda dapat di jangkau dengan—atau setidaknya—satu tautan teks, tindakan ini bagus buat pengguna dan juga membantu mesin pencari memahami halaman itu.

Homepage berbasis Flash memang lebih menarik dan mampu memuat sejumlah tautan menuju bagian lain di website anda.

Keberadaan Flash membantu daya tarik dimata pengguna, namun belum tentu mesin pencari dapat melihat dan mengikutinya / follow.

Jadi jikalau anda ingin mesin pencari untuk mengetahui mengenai topik dari setiap halaman anda agar semuanya dapat di indeks maka anda harus memiliki setidaknya satu teks link.

Google memang sudah support Flash dan teknologi berat lainnya, namun mereka tetap merekomendasikan menggunakan teks link.

Agar website dan halaman anda terlihat Google, maka sertakan juga teks link di bagian presentasi Flash yang ada. Melakukan hal ini maka anda telah mengikuti aturan baku dari bimbingan Google.

Manfaat dari tautan statis untuk setiap halaman di website anda guna memastikan bahwa Googlebot dapat merayapi setiap halaman alhasil dapat mengirimkan dokumen yang benar, jelas dan komplit kepada Google index dan ini mempengaruhi proses rangking website.