Beranda SEO Rekomendasi Google: Halaman Website Harus Terlihat Secara Default

Rekomendasi Google: Halaman Website Harus Terlihat Secara Default

Konten Website Harus Terlihat Secara Default

Pastikan konten penting pada situs Anda dapat terlihat secara default. Google dapat merayapi konten HTML yang tersembunyi di dalam elemen yang berhubungan dengan navigasi seperti tab atau bagian perluasan, akan tetapi kami menganggap konten ini kurang dapat diakses oleh pengguna, dan yakin bahwa sebaiknya Anda membuat informasi yang paling penting dapat terlihat di tampilan laman default. (—dari Google webmaster guidelines 1)

Mungkin anda kini tengah bingung kenapa website yang anda buat dengan harga mahal dan optimisasi SEO bagus tapi performanya di Google tidak sesuai harapan.

Nah di posting ini saya akan mencoba menggali sedikit dengan mengingatkan anda mengenai hal yang mungkin anda lakukan sehingga tidak mendapatkan hasil sesuai harapan.

Hal yang saya maksud adalah anda tidak membuat konten anda terlihat secara default mengenai topik halaman anda.

Apakah yang dimaksud situs terlihat secara default?

  • Konten terlihat secara default merupakan informasi yang ditampilkan pada sebuah website yang dapat dilihat pengunjung tanpa harus melakukan tindakan tambahan seperti tab atau “klik untuk membuka / melebarkannya”.
  • Pada kasus tab, konten awal yang terbuka dianggap sebagai konten terlihat secara default.
  • Sedangkan pada kasus elemen yang diperbesar, hanya konten yang terlihat langsung oleh pengguna maka itulah yang dianggap konten terlihat secara default.
Konten Website Harus Jelas Secara Default

Sebuah halaman yang menampilkan tab terbuka tentang anjing maka akan dianggap—baik oleh pengunjung dan Googlebot—sebagai halaman tentang anjing.

Bagaimana sebuah halaman di nilai?

Pengunjung menilai sebuah halaman dengan cara melihat apa yang tampak terlebih dahulu.

Begitupun Google.

Konten yang muncul langsung di mata pengunjung dan Google akan dianggap lebih penting dibandingkan konten yang berada pada “elemen yang di klik”.

Subjek sebuah halaman di nilai dari apa yang terlihat

Mari kita perhatikan kedua halaman berikut ini. Keduanya memiliki konten yang sama.

Kejelasan Topik Halaman Website

Satu perbedaan diantara kedua halaman ini ialah satu halaman menampilkan semua halaman secara default, sedangkan halaman yang lainnya hanya menampilkan paragraf awal dari artikel yang membutuhkan klik untuk melihat keseluruhannya untuk dibaca.

Meskipun Googlebot mampu melihat seluruh konten, namun ia akan menilai halaman itu berdasarkan yang tampak, seperti yang dilakukan manusia.

Kedua halaman itu tampak berbeda meskipun mereka memiliki konten yang (Namun salah satu kontennya tersembunyi dibalik klik).

Baik pengunjung dan Google menilai halaman melalui apa yang terlihat dihalaman itu.

Google memahami apa yang terlihat pada mata pengunjung. Google dapat “melihat” halaman (Melalui kode yang ada) seperti manusia melihatnya.

Jika website anda terdapat banyak halaman yang tersembunyi melalui klik untuk menampilkannya atau tab, maka anda beresiko mendapat ranking untuk keyword yang tidak anda target atau akan dianggap halaman dengan topik yang bukan topik konten anda.

Google merekomendasikan untuk menampilkan informasi terpenting anda terlihat secara default

Apakah informasi paling penting dari sebuah halaman?

  • Penentuan sebuah topik halaman ialah yang langsung tampak dari halaman itu.
  • Jikalau anda ingin mendapatkan rangking Google dengan benar untuk keyword seputar “anjing” misalnya, maka halaman anda harus dengan jelas menampilkan tentang “anjing”.
  • Kebijakan pengiriman, perusahaan anda, dan produk lainnya dan penawaran lainnya tidak dianggap penting pada halaman yang anda khususkan tentang “anjing”.
  • Maka halaman yang topik utamanya tentang “anjing” harus berisi konten seputar “anjing”.

Untuk mempersingkat, sebuah halaman web tentang anjing harus memiliki konten terlihat secara default tentang anjing.

Intinya adalah

  • Google dapat menentukan apa yang terlihat di mata pengguna pada sebuah halaman web.
  • Konten yang tidak terlihat secara default kurang dianggap penting dibandingkan konten yang terlihat langsung.
  • Jangan berharap konten yang tersembunyi dibalik tab atau klik untuk memperbesar dapat membantu anda mendapat rangking bagus di halaman mesin pencaharian Google.

Kesimpulan

Buatlah sebuah halaman sejelas mungkin menghindari kesalah-fahaman pengguna juga Googlebot. Misalkan halaman anda tentang reparasi mobil maka jangan campur adukan dengan reparasi motor dihalaman yang sama. Karena hal itu membingunkan. Oleh karenanya buatlah website dengan struktur hirarki jelas agar hasilnya sesuai dengan harapan anda dan mendapat ranking untuk keyword anda sedang target dihalaman hasil pencaharian Google dan mesin pencari lainnya.